TribunTimur/
Home »

Wajo

Karyawan Adukan PT Energi Sengkang ke DPRD Wajo, Ini Masalahnya

Perwakilan Serikat Pekerja PT Energi Sengkang Darmasakti mengatakan, perusahaannya sudah empat tahun tidak menaikkan upah pekerja.

Karyawan Adukan PT Energi Sengkang ke DPRD Wajo, Ini Masalahnya
st hamdana/tribunwajo.com
Serikat Pekerja PT Energi Sengkang mengadukan manajemen perusahaannya ke DPRD Wajo karena dinilai melanggar banyak undang-undang (UU) ketenagakerjaan, Rabu (6/12/2017). 

Laporan Wartawan TribunWajo.com, St Hamdana Rahman

TRIBUNWAJO.COM, TEMPE - Serikat Pekerja PT Energi Sengkang mengadukan manajemen perusahaannya ke DPRD Wajo karena dinilai melanggar banyak undang-undang (UU) ketenagakerjaan, Rabu (6/12/2017).

Perwakilan Serikat Pekerja PT Energi Sengkang Darmasakti mengatakan, perusahaannya sudah empat tahun tidak menaikkan upah pekerja.

Padahal, kata Darma, berdasarkan hasil kesepakatan, perusahaan menyetujui ada kenaikan upah pekerja setiap tahun sebesar 10 persen dari total pengeluaran gaji.

Lanjut Darma yang berposisi sebagai Quality Environmental Health and Safety (QEHS) Manager, di PT Energi Sengkang, perusahaannya juga tidak menyiapkan dokter sesuai dengan syarat dari Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemnakertrans).

"Ini terkait keselamatan kerja. Banyak hewan liar seperti ular phyton, babi liar di area perusahaan. Jangan karena alasan penghematan, kondisi jadi tidak aman ini melanggar UU No 1 Tahun 1970 tentang keselamatan kerja," jelas Darma.

Diwawancara terpisah, Pengawas Ketenagakerjaan Dinas Nakertrans Provinsi Sulsel Andi Sumange Alam mengatakan, dokter perusahaan harus ada jika pekerja berjumlah lebih dari 100.

"Apalagi jika seperti perusahaan gas pembangkit listrik ini, sangat besar potensinya terjadi ledakan, jadi disarankan ada dokter," kata Andi Sumange.

Sekedar diketahui, PT Energi Sengkang adalah perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Gas yang berada di Desa Patila, Kecamatan Pammana, Kabupaten Wajo yang berjarak sekitar 10 km dari Kota Sengkang.

Penulis: St Hamdana Rahman
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help