TribunTimur/

Advetorial

Prinsip Pencegahan Dini Penyalahgunaan Narkoba pada Kelompok Usia Sekolah Dasar

Penelitian menunjukkan bahwa periode yang beresiko terbesar bagi terjadinya penyalahgunaan narkoba terjadi pada transisi utama kehidupan seorang anak.

Prinsip Pencegahan Dini Penyalahgunaan Narkoba pada Kelompok Usia Sekolah Dasar
dok.BNNK Tana Toraja
BNNK Tana Toraja 

TRIBUN-TIMUR.COM, TORAJA - Penelitian menunjukkan bahwa periode yang beresiko terbesar bagi terjadinya penyalahgunaan narkoba terjadi pada transisi utama kehidupan seorang anak.

Transisi ini mencakup perubahan signifikan pada perkembangan fisik (misalnya pubertas) atau situasi sosial (perpindahan atau orangtua bercerai) menjadi masa dimana anak mengalami kerentanan dalam permasalah perilaku.

Transisi besar pertama untuk seorang anak adalah di saat dia meninggalkan kenyamanan dari sebuah keluar dan masuk sekolah.

Kemudian adalah di saat dia meninggalkan kenyamanan dari sebuah keluarga dan masuk sekolah. Kemudian adalah saat mereka berlanjut dari tingkat sekolah dasar ke sekolah menengah pertama dan selanjutnya menengah atas, mereka akan mengalami situasi akademis dan sosial yang baru seperti belajar untuk bergaul dengan kelompok sebaya yang lebih luas dan memiliki harapan pencapaian akademis yang lebih besar.

Dalam kaitan ini, program pencegahan sangat memerlukan pertimbangan atas target yang disasar dan memberikan dukungan yang cukup untuk setiap tahapan perkembangan.

Juga harus dipertimbangkan mengenai bagaimana penguatan yang dapat dilakukan terhadap faktor-faktor pelindung pada tiap tahapan transisi.

Terkait dengan program pencegahan penyalahgunaan narkoba bagi kelompok usia sekolah dasar, berbagai penelitian menyatakan bahwa sebaiknya ditujukan pada peningkatan kemampuan akademik dan pembelajaran sosial-emosional.

Hal ini dimaksudkan untuk mampu menghadapi faktor-faktor resiko penyalahgunaan narkoba, seperti sikap agresif yang telah ada sejak awal kegagalan akademis, ataupun berhenti dari sekolah.

Proses edukasi harus berfokus kepada kemampuan-kemampuan berikut:

1. Kemampuan kontrol diri

2. Kesadaran Emosional

3. Komunikasi

4. Kemampuan memecahkan permasalahan sosial (sesuai tahapan hubungan sosial kelompok usianya)

5. Dukungan akademis, khususnya dalam kemampuan membaca. (Adv)

Penulis: Risnawati M
Editor: Sakinah Sudin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help