TribunTimur/

Begini Antusiasme Mahasiswa Agribisnis Unismuh Belajar Jurnalistik di Tribun Timur

mahasiswa program studi (prodi) Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar mengadakan kunjungan media ke redaksi Tribun Timur

Begini Antusiasme Mahasiswa Agribisnis Unismuh Belajar Jurnalistik di Tribun Timur
NURUL ADHA ISLAMIAH
Sebanyak 20 mahasiswa program studi (prodi) Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar mengadakan kunjungan media ke redaksi Tribun Timur, Jl Cenderawasih No 430 Makassar, Selasa (5/12/2017). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Sebanyak 20 mahasiswa program studi (prodi) Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar mengadakan kunjungan media ke redaksi Tribun Timur, Jl Cenderawasih No 430 Makassar, Selasa (5/12/2017).

Menurut dosen pendamping Syatir, SP, mahasiswa Prodi Agribisnis tersebut ingin belajar terkait industri media.

"Kita bawa teman-teman mahasiswa untuk belajar soal media. Bagaimana cara menulis berita yang baik dan benar. Kedepannya mereka akan menghadapi proses penyelesaian studi, dituntut untuk mahir dalam menulis skripsi. Kurang lebih akan disampaikan materi cara menulis yang baik dan benar," ungkapnya.

Rombongan disambut dengan hangat Wakil Pemimpin Redaksi Tribun Timur Ronald Ngantung.

Ia menjelaskan soal sejarah dan perkembangan Tribun Timur, peranan media bagi masyarakat .
Termasuk materi jurnalistik yang mengacu pada metode dan sistem pemberitaan di Tribun Timur Makassar.

"Saat ini reporter Tribun Timur tidak hanya menulis berita, tetapi mereka juga harus mengambil video dari setiap kejadian yang diliput," kata Ronald Ngantung.

Ia menambahkan, wartawan juga ditugaskan untuk mengambil video dari kejadian maupun kegiatan yang diliput. Bahkan, sesekali melakukan sesi facebook live yaitu siaran langsung melalui akun jejaring media sosial facebook untuk keadaan tertentu.

Di sesi diskusi, beberapa mahasiswa nampak antusias menanyakan bagaimana proses dan syarat pemuatan berita, serta perbedaan berita online dan berita edisi cetak.

Kemudian, bagaimana upaya media mengedukasi masyarakat khususnya para pembaca melalui informasi dan berita yang diterbitkan. Dan diharapkan terjadi adanya perubahan akibat berita yang diterbitkan untuk menjalankan perab media yakni sebagai kontrol sosial dalam masyarakat. (*)

Penulis: Nurul Adha Islamiah
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help