Warga Lipu Pilih Kepala Lingkungan Ala Pilkada, Ini Tanggapan Ketua KPU Majene

Pemilihan kepala lingkungan dengan metode pemilu langsung ini, merupakan yang pertama kali dilakukan oleh warga Lipu.

Warga Lipu Pilih Kepala Lingkungan Ala Pilkada, Ini Tanggapan Ketua KPU Majene
nurhadi/tribunsulbar.com
Warga Lingkungan Lipu, kelurahan Labuang, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene, Sulbar, menggelar pemilihan umum kepala lingkungan baru, Selasa (28/11/2017) malam. 

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, BANGGAE TIMUR - Warga Lingkungan Lipu, kelurahan Labuang, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene, Sulbar, menggelar pemilihan umum kepala lingkungan baru, Selasa (28/11/2017) malam.

Pemilu kepala lingkunga Lipu yang diikuti dua calon, masing-masing Huswad dan Muhammad Aslan Si'dang, berlangsung di dalam Masjid Nurul Mustkim Lipu.

Pemilihan kepala lingkungan dengan metode pemilu langsung ini, merupakan yang pertama kali dilakukan oleh warga Lipu.

Tampak warga Lipu antusias mengikuti pemihan tersebut, meski sempat terjadi hujan deras, namun warga tetap ramai - ramai mendatangi masjid Nurul Mustakim untuk menyalurkan hak pilihnya.

Seperti laiknya pemilihan pada umumnya, warga yang bisa memilih adalah yang telah berusia 17 tahun atau sudah menikah. Syarat lainnya adalah warga yang memiliki KTP atau Kartu Keluarga.

Pemilihan ini diawali dengan pendaftaran warga kepada panitia dari kelurahan Labuang. setelah itu, warga menunggu panggilan untuk memilih dari salah satu calon.

Panitia menyiakan tempat pemungutan suara (TPS ) berupa meja dan kotak suara dalam masjid. Pemiihan mulai berlangsung setelah shalat Isya.

Ketua KPUD Majene Asmanuddin, yang juga warga Lipu, mengapresiasi pemilu kepala lingkngan tersebut. Menurutnya, pemilihan kepala lingkungan yang berlangsung demokratis merupakan contoh yang baik bagi pemilu lainnya di tanah air.

Menurutnya, hal itu dapat menjadi pendidikan politik bagi warga, terutama soal pentingnya partisipasi dalam pembangunan demokrasi.

"Ini langkah yang bagus, meski berlangsung di malam hari, warga tetap antusias datang menyalurkan hak pilihnya," kata Asmanuddin usai menyalurkan hak pilihnya.

Sementara Lurah Labuang, Adila Yusuf, yang hadir dalam proses pemilihan ini, menyatakan pemilihan dengan metode pemilihan langsung adalah hasil kesepakatan warga Lipu.

Berdasarkan hasil penghitungan suara, kepala lingkungan terpilih adalah Muhammmad Aslan Si'dang dengan meraih 153 suara, sementara calon lainnya Huswad meraih 55 suara.

Penulis: Nurhadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help