FKIP Unibos Gelar Workshop English Debate, Ini Tujuannya

Awal tahun 2018 Prodi Bahasa Inggris FKIP Unibos mencanangkan untuk melaksanakan lomba english debate antara SMA dan Universitas se-Kota Makassar

FKIP Unibos Gelar Workshop English Debate, Ini Tujuannya
HANDOVER
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unibos menggelar workshop english debate, di aula Aksa Mahmud lantai 9 gedung II Unibos, Rabu (29/11/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Timur Munawwarah Ahmad

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR- Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unibos menggelar workshop english debate, di aula Aksa Mahmud lantai 9 gedung II Unibos, Rabu (29/11/2017).

Tak hanya mahasiswa Unibos, mahasiswa Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Sulawesi Selatan, Akademik Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar dan Universitas Muhammadiyah juga turut mengikuti workshop yang mengusung tema Building Critical Thinking Through Debate.

"Jadi temanya itu terkait bagaimana membangun cara berpikir mahasiswa dalam mengkritik isu-isu global melalui sebuah debate yang juga berguna untuk mengasah kemampuan berasumsi dengan baik dan benar," kata Hamzah Fanruzi dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unibos.

Kegiatan tersebut kata Fanruzi, untuk melatih mahasiswa mengubah pola pikir yang kritis terhadap topik yang saat ini semarak diperbincangkan.

Dan workshop English debate juga merupakan bentuk melatih mahasiswa agar mengetahui teknik dan model debat yang baik dan benar untuk kemudian dapat mempersiapkan diri mengikuti kompetisi debat diberbagai tingkatan.

“Rencananya juga untuk implementasi melihat kemampuan mahasiswa, awal tahun 2018 Prodi Bahasa Inggris FKIP Unibos mencanangkan untuk melaksanakan lomba english debate antara SMA dan Universitas se-Kota Makassar”, tambahnya.

Pelaksanaan workshop yang dirangkaikan antara pemberian materi dan praktik debat ini secara langsung dikoordinasi oleh Mutia Mutmainnah selaku Celebes Varsities Debating Council.

Sedangkan materi diberikan oleh tiga pemateri termasuk Dahlia Moilier selaku Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Unibos, Hamiruddin Selaku Letters English Debating Society yang telah mewakili Sulsel dalam lomba debate tingkat Internasional dan Asriyati dari Pusat Bahasa Universitas Negeri Makassar.

Hamiruddin menuturkan bahwa mahasiswa harus paham bagaimana teknik dan model English debate yang digunakan, termasuk formatnya. Harus paham betul format apa yang dipakai. Selain itu mahasiswa harus punya wawasan yang baik juga teknik berbicara yang baik kata Hamiruddin.

Hal tersebut juga disandingkan dengan yang disampaikan Asriyati terkait model-model english debate.

“disini mahasiswa dalam prakteknya bisa memahami berbagai hal. Dalam english debate memang dibutuhkan bagaimana kemampuan berargumen, harus berani, percaya diri, dapat dengan luwes menyampaikan pemikiran, dan informasi yang disampaikan harus akurat," kata Asriyati.

Tips tersebut juga diberikan Dahlia Moilier selaku Dosen FKIP Unibos.

“Berdoa, harus memiliki kemampuan managemen waktu yang baik, punya pengetahuan lebih, punya tim debate yang independen dan dapat bekerja sama, memiliki fakta pendukung yang kuat, harus mampu menyanggah argumen lawan, dan latihan intensif," kata Dahlia.

Penulis: Munawwarah Ahmad
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help