Perketat Pengawasan Orang Asing, Disnaker Luwu Timur Gandeng Imigrasi

Rapat tersebut mengulas penguatan koordinasi, keterpaduan, penyelarasan tugas dan fungsi, serta pertukaran informasi pengawasan orang asing.

Perketat Pengawasan Orang Asing, Disnaker Luwu Timur Gandeng Imigrasi
Ivan Ismar/tribunlutim.com
Imigrasi Kelas III Palopo rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) bersama Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja dan Perindustrian Luwu Timur di Aula Sasana Praja Kantor Bupati, Selasa (28/11/2017). 

Laporan Wartawan TribunLutim.com, Ivan Ismar

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Imigrasi Kelas III Palopo rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) bersama Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Luwu Timur di Aula Sasana Praja Kantor Bupati, Selasa (28/11/2017).

Rapat tersebut mengulas penguatan koordinasi, keterpaduan, penyelarasan tugas dan fungsi, serta pertukaran informasi dan data perkembangan pengawasan orang asing.

Kepala Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja dan Perindustrian Luwu Timur Firnandus Ali mengatakan, perlu membagi informasi orang asing demi keamanan daerah.

"Orang asing yang masuk ke suatu negara atau daerah memerlukan pelayanan dan pengawasan yang prima," kata Firnandus dalam sambutan.

Baca: VIDEO: Intip Pemeriksaan Dokumen Tenaga Kerja Asing PT Conch di Polres Barru

Kepala Kantor Imigrasi Palopo, Samuel Toba mengatakan, koordinasi Timpora dilakukan tanpa mengurangi tugas, fungsi dan wewenang masing-masing badan/instansi.

"Prinsip dari Timpora adalah melakukan hubungan kerja dilingkungan tim pengawasan orang asing didasarkan atas prinsip kebersamaan, keterpaduan, keterbukaan dan kemitraan," kata Samuel.

Permendagri Nomor 49 dan 50 tahun 2010 menyatakan bahwa pemantauan orang asing, organisasi masyarakat asing dan tenaga kerja asing dalam wilayah kabupaten menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah kabupaten.

"Dengan tetap mengutamakan koordinasi yang bersifat konsultif," ucap Samuel.(*)

Penulis: Ivan Ismar
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved