Butuh Uluran Tangan, Remaja Polman Ini Menderita Gizi Buruk dan TB Kelenjar

Kondisi keluarga yang kurang mampu dan tingkat pendidikan rendah membuat kondisi Nurmaya semakin memprihatinkan.

Butuh Uluran Tangan, Remaja Polman Ini Menderita Gizi Buruk dan TB Kelenjar
nurhadi/tribunsulbar.com
Nurmaya (13), remaja yang tinggal di pedalaman Kabupaten Polman, tepatnya di Desa Poda-poda, Kecamatan Tutar, Sulawesi Barat (Sulbar), terbaring tak berdaya karena menderita gizi buruk. 

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, TUTAR - Nurmaya (13), remaja yang tinggal di pedalaman Kabupaten Polman, tepatnya di Desa Poda-poda, Kecamatan Tutar, Sulawesi Barat (Sulbar), terbaring tak berdaya karena menderita gizi buruk.

Pemerhati perempuan dan anak, Dhian Kartini, mengungkapkan foto-foto kondisi Nurmaya yang terbaring tak berdaya di rumah karena penyakit yang dideritanya sempat menjadi buah bibir netizen di media sosial (medsos).

"Begitu kami melihat, kami turun langsung dan mendapatkan fakta permasalahan yang lebih serius lagi. Adik Nurmaya tidak hanya menderita gizi buruk, namun juga divonis menderita penyakit TB kelenjar yang sudah sangat parah," tutur Dhian.

Ditambah lagi, kata Dhian, kondisi keluarga yang kurang mampu dan tingkat pendidikan rendah membuat kondisi Nurmaya semakin memprihatinkan.

Baca: Semoga Cepat Pulih, Begini Hasil Pemeriksaan Sementara Komeng, Penderita Gizi Buruk di Bulukumba

"Nurmaya sempat dibawa berobat ke RSUD Polman sebanyak dua kali atas petunjuk tenaga media setempat, namun pulang paksa karena tidak mendapatkan pelayanan yang serius dari pihak rumah sakit," katanya.

Dhian menuturkan, akibat berbaring terlalu lama, Nurmaya juga menderita luka di kubitus pada bokongnya.

"Mereka memilih tinggal dirumah bertawakkal karena pihak keluarga tidak lagi ingin membawa anaknya ke rumah sakit sebab tidak mendapatkan pelayanan yang serius sementara pasien menderita penyakit serius," jelasnya.

Fakta lain yang ditemukan timnya, wabah penyakit TB rupanya beredar luas di Dusun Poda, Desa Poda-poda. Sebab, berdasarkan hasil investigasi mereka, tercatat ada 16 orang yang aktif yang berobat karena penyakit tersebut. Ini belum termasuk yang tidak berobat.

Baca: Irham Warga Majene Butuh Bantuan Dermawan, Begini Kondisi Penyakitnya

"Mengingat penyakit TB penularannya sangat cepat. Sehingga ini akan menjadi permasalahan besar yang akan timbul dimasyarakat ketika pemerintah Polman tidak melakukan langkah intervensi kebijakan," jelasnya.

"Kami sebagai pemerhati anak, mohon kepada Pemerintah Polman agar menolong Nurmaya yang terbaring tanpa upaya medis yang maksimal. Juga melakukan upaya agar penyakit yang diderita Nurmaya tidak lagi terjadi pada anak yang lain," tuturnya.(*)

Penulis: Nurhadi
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved