TribunTimur/

Makassar Kota Terkorup Kedua di Indonesia, Ini Kata Danny Pomanto

Kota terkorup kedua di Indonesia disematkan kepada Kota Makassar dengan IPK korupsi mencapai 53,4 poin.

Makassar Kota Terkorup Kedua di Indonesia, Ini Kata Danny Pomanto
TRIBUN TIMUR/FAHRIZAL SYAM
Wali Kota Makassar petahana, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Transparency International Indonesia (TII) mengeluarkan survey terbaru tentang Indeks Persepsi Korupsi (IPK) di 12 kota besar Indonesia.

Hasil survey tersebut menempatkan Kota Medan sebagai kota terkorup tahun 2017 dengan IPK korupsi 37,4.

Kota terkorup kedua di Indonesia disematkan kepada Kota Makassar dengan IPK korupsi mencapai 53,4 poin.

Menanggapi tingginya IPK korupsi, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan "Danny" Pomanto terkejut dan mengaku baru mendengar hal tersebut.

Menurutnya, survey tersebut sah-sah saja, apalagi Pemerintah Kota Makassar saat ini tengah berupaya melaksanakan transparansi pemerintahan dan membongkar hal-hal yang dianggap buruk, dan menjadi patokan survei TII.

"Saya kira Makassar adalah kota yang terbuka. Jadi sebenarnya bukan pada persoalan kita, karena kita mau menggali hal jelek saat ini. Saya pernah bilang jangan nilai itu, karena yang kita gali adalah bukan persoalan hari ini saja," kata Danny Pomanto.

Meaki demikian, ia mengaku menghargai hasil survey tersebut, dan akan dijadikan motivasi untuk lebih baik lagi ke depannya.

"Saya kira kita tetap menghargai penyampaian TII soal itu, saya belum lihat juga, tapi kita hargai dan jadi cambuk bagi kita. Tapi kalau sekarang, saya yakin hampir tidak ada yang seperti itu," ujar Danny.

Selain Medan dan Makassar, beberapa kota lain yang masuk jajaran kota terkorup yakni Bandung (57,9), Semarang (58,9), Surabaya (61,4), dan Manado (62,8), Padang (63,1), Banjarmasin (63,7), Balikpapan (64,3), Pekanbaru (65,5), Pontianak (66,5), serta Jakarta Utara (73,9). (*)

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help