Pilgub Sulsel 2018

IYL-Cakka Pilih Independen, Ini Syarat Maju Lewat Jalur Perseorangan di Pilkada

Sebelumnya pasangan IYL-Cakka memilih maju pada Pemilihan Gubernur Sulsel 2018 melalui jalur perseorangan

IYL-Cakka Pilih Independen, Ini Syarat Maju Lewat Jalur Perseorangan di Pilkada
suasana Coffee Morning KPU Sulsel dengan topik "Membedah Jalur Perseorangan Pada Pilgub Sulsel 2018" di Warkop Phoenam Jalan Boulevard, Jumat (24/11/2017). Kegiatan ini dirangkaikan sosialisasi dalam bentuk penempelan stiker Ayo ke TPS di 100 bentor. tribun timur/muhammad abdiwan 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Hasim Arfah

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- KPU RI telah mengeluarkan persyaratan untuk maju dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018.

Dalam Peraturan KPU No 3 tahun 2017, persyaratan pencalonan berupa jumlah dukungan bagi
calon perseorangan untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat untuk provinsi dengan jumlah penduduk yang termuat dalam daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu atau Pemilihan Terakhir lebih dari 6.000.000 (enam juta) jiwa sampai dengan 12.000.000 (dua belas juta) jiwa harus didukung paling sedikit 7,5% (tujuh setengah persen).

Dari data terakhir, Sulsel mempunyai jumlah DPT sebanyak 6.323.711 orang. Sehingga, setiap calon harus mengumpulkan sekitar 480.124 e-KTP atau surat keterangan (suket) Capil.

Kemudian, KTP ini harus terdistribusi di 50 persen kabupate/kota atau minimal tersebar di 13 kabupaten/kota di Sulsel.

Khusus untuk tata cara pendaftaran, setiap pendukung mesti melampirkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau surat keterangan, rekapitulasi jumlah dukungan.

Surat pernyataan dukungan dan rekapitulasi jumlah dukungan sebagaimana dibuat dalam bentuk softcopy dan hardcopy.

Setiap calon pun mesti memasukkan dukungan ini kedalam sistem informasi pencalonan (SILON) jalur perseorangan.

Sebelumnya pasangan IYL-Cakka memilih maju pada Pemilihan Gubernur Sulsel 2018 melalui jalur perseorangan. Rencananya, pasangan ini akan mendaftar di KPU Sulsel, Sabtu (25/11/2017).

Pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) bakal membawa 1,5 Juta KTP untuk mendaftar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018 di Posko Pendaftaran KPU Sulsel, Hotel Grand Asia, Jl Boulevard, Makassar, Sabtu (25/11/2017) pagi.

Tim pemenangan akan menyiapkan 40 truk untuk membawa berkas ini.

Ichsan mengamankan KTP ini dalam lokasi yang steril. Bahkan, tim menempatkan pengawasan dan penjagaannya secara ketat dan berlapis untuk menghindari upaya mengganggu duet ini.

"Sampai hari ini, berkas dukungan KTP untuk IYL-Cakka, totalnya sekira 1,5 juta. Sebagian besar Itu berbasis e-KTP," kata Ketua Tim Pemenangan Rumah Kita, IYL-Cakka, Bahar Ngitung, Jumat (24/11/2017) malam.(*)

Penulis: Muh. Hasim Arfah
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved