TribunTimur/

Ini Jumlah Tunjangan Pakasi Guru di Sulsel, Tahap II Dibayar November-Desember

Sementara fungsional guru, pengawas sekolah, kepala sekolah, dan fungsional lainnya, mendapat tunjangan pakasi yang sama sesuai tingkat golongan

Ini Jumlah Tunjangan Pakasi Guru di Sulsel, Tahap II Dibayar November-Desember
int
ilustrasi 

MAKASSAR, TRIBUN - Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo, menyebutkan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, telah meneken SK tentang kenaikan pakasi bagi guru se-Sulsel.

Kenaikan pakasi itu dijelaskan sebagai bentuk apresiasi pemerintah provinsi kepada guru. Tetapi kenaikan pakasi itu juga dituntut agar guru meningkatkan kinerjanya. Kenaikan pakasi itu dari Rp 200 ribu menjadi Rp 1,6 juta. Di Sulsel tercatat ada 16 ribu guru yang bertugas di 1.181 sekolah di 24 kabupaten/kota di Sulsel.

Tunjangan pakasi adalah tunjangan kinerja bagi para aparatur di Sulsel. Khusus untuk guru hanya diberikan kepada guru SMA. Profesi guru SMA dan sederajat di Sulsel terbilang paling sejahtera karena mereka menerima tiga tunjangan yaitu sertifikasi, pakasi, dan gaji pokok. 

"Pakasi dibayarkan Juli hingga Oktober. Selanjutnya dibayarkan tahap kedua pada bulan 11 (Nivember) dan 12 (Desember). Nah, tahun 2018 Januari dibayarkan bersamaan dengan gaji reguler," terang None, sapaan Irman Yasin Limpo, belum lama ini.

Informasi yang dihimpun, tunjangan pakasi tertinggi diterima guru fungsional umum dari golongan I yaitu sebesar Rp 2 juta per bulan. Sementara fungsional guru, pengawas sekolah, kepala sekolah, dan fungsional lainnya, mendapat tunjangan pakasi yang sama berdasarkan golongan.

Baca: Guru di Sulsel Makin Sejahtera, Tunjangan Pakasi Naik

Berikut rincian jumlah tunjangan pakasi guru yang diterima berdasarkan jabatan dan golongan:

Fungsional umum:
-Gol I: Rp 2.000.000
-Gol II: Rp 1.975.000
-Gol III: Rp 1.950.000
-Gol IV: Rp 1.925.000

Fungsional guru/pengawas sekolah/kepala sekolahfungsional lainnya:
-Gol II : Rp 1.675.000
-Gol III: Rp 1.650.000
-Gol IV: Rp 1.625.000.(*)

Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Ridwan Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help