TribunTimur/

Konsultasi Tribun Health

Mengenali Tanda dan Gejala Diabetes pada Anak

Pada tahun 2016 diperkirakan ada sekitar 208.000 anak dan remaja mengalami diabetes, dan angka ini terus bertambah.

Mengenali Tanda dan Gejala Diabetes pada Anak
ISTIMEWA
Ilustrasi tes diabetes 

Laporan Wartawan Tribun Timur Hasrul

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Diabetes telah lama dikenal sebagai penyakit orang tua, terutama pada orang yang berusia di atas 65 tahun.

Tetapi dari tahun ke tahun, jumlah anak dan remaja yang terkena diabetes semakin bertambah.

Pada tahun 2016 diperkirakan ada sekitar 208.000 anak dan remaja mengalami diabetes, dan angka ini terus bertambah.

Dokter Spesialis Anak, dr Michael Kasenda SpA mengatakan diabetes tipe 1 adalah bentuk yang paling sering ditemukan diantara anak dan remaja.

CDC (Centers for Disease Control and Prevention) pada tahun 2009 melaporkan prevalensi diabetes tipe 1 sebesar 1,93 kasus per 1.000 anak dan remaja, sedangkan diabetes tipe 2 sebesar 0,24 kasus per 1.000 anak dan remaja.

Diabetes tipe 1 pada anak, yang sebelumnya disebut sebagai diabetes juvenil, timbul jika pankreas tidak mampu untuk menghasilkan insulin.

Karena insulin tidak tersedia, glukosa atau gula tidak bisa ditranspor dari dalam darah ke dalam sel-sel, sehingga mengakibatkan kadar gula dalam darah tinggi.

"Anak-anak yang mengalami penyakit ini memerlukan suntikan insulin seumur hidup dan pengukuran kadar gula darah secara berkala," kata dokter spesialis anak RS Siloam Makassar tersebut.

"Mereka juga memerlukan diet dan olahraga yang tepat untuk membantu menjaga kadar gula darah berada dalam batas normal," lanjutnya.

Halaman
12
Penulis: Hasrul
Editor: Ardy Muchlis
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help