TribunTimur/
Home »

Video

VIDEO: Kementan dan Pemkot Makassar MoU Pengembangan Inovasi Pertanian Perkotaan

Kementan juga memberi bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) ke Pemkot Makassar.

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar tengah mengembangkan inovasi pertanian perkotaan.

Kerjasama tersebut ditandai dengan lenandatanganan MoU antara Badan Litbang Kementerian Pertanian RI dan Pemkot Makassar tentang pembangunan dan pengembangan pertanian Kota Makassar, di Hotel Grand Asia, Jl Boulevard, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (14/11/2017).

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian, Muhammad Syakir mengatakan MoU tersebut adalah pengembangan inovasi pertanian untuk perkotaan.

"Jadi sesuai dengan pesan Menteri Pertanian dalam rangka pengembangan pertanian modern di Indonesia. Oleh karena itu ada konsep kawasan rumah pangan lestari yang sama dengan budidaya lorong, itu yang sedang dikembangkan," kata Syakir.

Kementan juga memberi bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) ke Pemkot Makassar. Alsintan yang diberikan yakni tujuh unit handtraktor kepada kelompok tani Parinring, Romang Tangnga, Tambasa, Pattukangan, Kassi, Buntusu, Lakkang Lompoa.

Delapan unit Cultivator atau alat mesin pengelolaan lahan diberikan kepada kelompok tani Pucuk Merah (Sudiang), Makmur ( Paccerakkang), Selasih (Bangkala), Mampang dan Bontoa (Barombong).

Selain itu ada juga tiga unit Transplanter atau mesin tanam padi yang diberikan kepada kelompok tani Suka Maju (Bangkala) dan Maminasae (Tamangapa). (*)

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help