TribunTimur/

KPU Gowa Gelar Bimtek PPK dan PPS di Makassar, Ini Tujuannya

Selama ini Gowa selalu dianggap sebagai daerah rawan ketika pemilu dilaksanakan, dan stigma itu yang ingin dihilangkan

KPU Gowa Gelar Bimtek PPK dan PPS di Makassar, Ini Tujuannya
HANDOVER
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa menggelar bimbingan teknis bagi seluruh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), di Hotel Four Points by Sheraton, Jl Andi Djemma, Makassar, Selasa (14/11/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa menggelar bimbingan teknis bagi seluruh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), di Hotel Four Points by Sheraton, Jl Andi Djemma, Makassar, Selasa (14/11/2017).

Komisioner KPU Gowa Divisi Perencanaan Program dan Data, Muhtar Muis mengatakan bimtek anggota PPK dan PPS bertujuan agar anggota dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai penyelenggara teknis di lapangan.

"Bimtek tentang penyelenggaraan Pilgub 2018 diikuti 590 orang PPK dan PPS. Dan kita harapkan mereka bisa menyerap semua materi dan menjadi bekal pengetahuan ketika sudah kembali di kecamatan masing-masing," kata dia.

Ia menambahkan, selama ini Gowa selalu dianggap sebagai daerah rawan ketika pemilu dilaksanakan, dan stigma itu yang ingin dihilangkan oleh KPU Gowa.

"Kita ingin semua anggota mampu menjaga integritas dan independensi sesuai tugas yang ada. Selama ini Gowa selalu dianggap daerah rawan, nah kita mau Gowa menjadi daerah terbaik pemilu," ungkapnya.

Menurutnya, penyelenggara pemilihan harus bisa memahami secara teknis tentang pelaksanaan kegiatan dan menjalankan proses pemilihan umum, baik Pemilihan Gubernur 2018 maupun Pemilu 2019.

"Jadi penting bagi penyelenggara itu untuk memahami aturan, kemudian melaksanakan teknis kegiatan sesuai dengan ketentuan serta memahami tentang kode etik asas penyelenggara dan lain sebagainya," katanya.

Muhtar menjelaskan, bimtek yang berlangsung sehari untuk PPS dan dua hari untuk PPK ini merupakan tahap awal, dan masih akan dilanjutkan dengan bimtek selanjutnya.

Bimtek ini turut dihadiri Bupati Gowa Adnan Purichta, Kapolres Gowa, Dandim, kejaksaan, Panwaslu Gowa, dan lain-lain. (*)

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help