TribunTimur/

Indira Yusuf Himbau agar Lebih Peka Terhadap Penyakit Tidak Menular

Dinas Kesehatan Kota Makassar menggelar Talk show mengenai waspada terhadap penyakit tidak menular di Hotel Arthama

Indira Yusuf Himbau agar Lebih Peka Terhadap Penyakit Tidak Menular
Handover
Dinas Kesehatan Kota Makassar menggelar Talk show mengenai waspada terhadap penyakit tidak menular di Hotel Arthama, Sabtu (11/11/17). Dalam talk show tersebut, Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail menjadi salah satu narasumber. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-- Dinas Kesehatan Kota Makassar menggelar Talk show mengenai waspada terhadap penyakit tidak menular di Hotel Arthama, Sabtu (11/11/17).

Dalam talk show tersebut, Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail menjadi salah satu narasumber.

Dalam acara tersebut Indira mengajak sekaligus menekankan kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan melakukan pencegahan penyakit termasuk penyakit tidak menular yang kini justru mendominasi penyakit penyebab kematian.

"Sekarang haruski mulai perhatikan diri sendiri, keluarga untuk mendeteksi dini penyakit-penyakit tidak menular. Karena kita tidak tahu kalau kita tidak periksa. Takutnya nanti fatal baru kita menyesal," ucapnya.

Indira mengatakan saat ini terjadi pergeseran antara penyakit tidak menular dengan penyakit menular. Penyakit menular mendominasi.

Perubahan fenomena ini terjadi akibat perilaku dalam menjalankan pola hidup sehat.

Terkadang, Kata Indira, warga mengantisipasi penyakit menular, namun mengabaikan perilaku yang berdampak pada munculnya penyakit tidak menular yang juga memicu kematian.

"Penyakit tidak menular itu pengobatannya lama bisa seumur hidup dan biayanya besar. Makanya, kita harus menjaga kesehatan dengan memperhatikan pola hidup," jelasnya.

Olehnya itu, Indira mengingatkan agar kembali kepada program pemerintah yang fokus terhadap.kesehatan. salah satunya melalui Germas atau gerakan masyarakat sehat.

Gerakan ini harus terus digalakkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat menjalankan pola hidup sehat.

"Pencegahan jauh lebih baik dibanding melakukan pengobatan ketika sudah terjangkit penyakit," sebutnya.

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Ardy Muchlis
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help