Pilwali Palopo 2018

Kemana Arah Koalisi PAN di Pilwali Palopo? Ini Kata Ketua PAN Palopo

Saat ini hampir semua partai telah berkoalisi dan mendukung Petahana Judas Amir di Pilwali Palopo.

Kemana Arah Koalisi PAN di Pilwali Palopo? Ini Kata Ketua PAN Palopo
Logo PAN

Laporan Wartawan TribunPalopo.com, Hamdan Soeharto

TRIBUNPALOPO.COM, WARA - Hampir dipastikan Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Palopo akan kehilangan arah koalisi di Pilwali Palopo 2018.

Partai yang memiliki dua kursi di DPRD Kota Palopo itu terlalu cepat mengambil langkah dengan memberikan surat tugas kepada Balon Wali Kota Palopo, Basiruddin.

Surat tugas PAN ke wakil bendahara umum DPP PAN itu terbit pada 4 September 2017. Dalam surat itu Basiruddin harus mencukupkan koalisi sebanyak lima kursi sebagai syarat untuk maju menjadi Calon Wali Kota Palopo 2018. Namun hingga saat ini Basiruddin belum bisa memenuhi persyaratan itu.

Baca: Basiruddin Dapat Rekomendasi PAN, Ketua PAN Palopo Malah Belum Tahu. Kok Bisa?

Beberapa waktu yang lalu beredar kabar Partai Gerindra pemilik tiga kursi akan membuat poros baru dengan berkoalisi dengan PAN.

Namun, secara mendadak Partai Gerindra menarik diri dan akan bergabung bersama Petahana Judas Amir. Lalu kepada siapakah saat ini PAN akan membangun koalisi? Apakah PAN akan ngotot mempertahankan Basiruddin sebagai calonnya?

Dikonfirmasi terkait hal itu, Ketua DPD PAN Palopo, Abduh Bakrie Pabe tak berkomentar banyak. "Kami juga masih tunggu petunjuk dari DPP ini. Belum ada info yang pasti," katanya kepada TribunPalopo.com, Kamis (9/11/2017).

Sekadar informasi, saat ini hampir semua partai telah berkoalisi dan mendukung Petahana Judas Amir di Pilwali Palopo. Mulai dari NasDem, Golkar, PDIP, PKB, PBB, Gerindra, Demokrat, PKS, dan PPP semua keterwakilan partai telah menyatakan sikap akan mendukung Judas Amir.

Baca: PAN Palopo Imbau Balon Wali Kota Tidak Diwakili Saat Ambil Formulir

Hanya tersisa Hanura pemilik dua kursi yang juga telah memberikan rekomendasi kepada Wakil Wali Kota Palopo Akhmad Syarifuddin Daud (Ome).

Jikalau PAN akan berkoalisi dengan Hanura mereka hanya menghasilkan empat kursi atau membutuhkan satu kursi lagi untuk maju di Pilwali Palopo.

Melihat realita itu tidak ada jalan lain, jika PAN ingin menikmati pesta Demokrasi di Palopo maka partai berlambang matahari terbit itu harus bergabung ke Judas Amir.(*)

Penulis: Hamdan Soeharto
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help