Ini Kata Cucu Padjonga Daeng Ngalle Soal Pergantian Nama Jalan Kakatua

Walikota Makassar Muhammad Ramdhan Pomanto melakukan penggantian beberapa nama jalan secara resmi.

Ini Kata Cucu Padjonga Daeng Ngalle Soal Pergantian Nama Jalan Kakatua
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Wakil walikota Makassar Syamsu Rizal meresmikan pergantian nama Jl Kakatua menjadi Jl Padjonga Dg Ngalle di Jl tersebut, Makassar, Sulsel, Kamis (9/11/2017). Penetapan ini merupakan wujud kesadaran nasional atas makna perjuangan tokoh Karaeng Padjonga Dg Ngalle yang gigih dalam perjuangan melawan penjajah. Peresmian yang dilaksanakan di Taman Padjonga Dg Ngalle ini dihadiri Keluarga Karaeng Padjonga Dg Ngalle, Wakil Bupati Takalar, Ketua DPRD Takalar, Forkopimda Kabupaten Takalar, fan beberapa raja dari Takalar. TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUN-TRIMUR.COM, MAKASSAR - Bertepatan dengan hari ulang tahun Kota Makassar yang ke 410, Kamis (9/11/2017), Pemerintah Kota Makassar yang diwakili oleh Walikota Makassar Muhammad Ramdhan Pomanto melakukan penggantian beberapa nama jalan secara resmi.

Salah satu jalan yang diganti namanya adalah Jl Kakatua diganti menjadi Jl Padjonga Daeng ngalle.

Nama tersebut dipilih karena melihat semangat juang yang dimiliki oleh Karaeng Polombangkeng Pajonga Daeng Ngalle menjadi inspirasi bagi pemuda-pemuda Sulsel dalam merebut Negara Kesatuan Republik Indonesia dari tangan penjajah.

Danny berharap dengan penggunaan nama pahlawan sebagai nama jalan, dapat mewariskan semangat para pahlawan kepada para generasi penerus.

"Jika kita ingin dihargai oleh bangsa lain. Maka kita harus menghargai para pahlawan kita, menghargai sejarah. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan jasa para pahlawan dan mengingat sejarahnya," ungkap Danny.

Sementara itu, salah satu cucu Padjonga Daeng Ngalle, Andi Makmur Sadda berterima kasih atas penetapan nama kakeknya srbagai salah satu nama jalan di Makassar.

"Kami atas nama keluarga besar Karaeng Polombangkeng dan masyarakat Takalar mengucapkan terima kasih ke Pemkot Makassar atas penghargaan kepada orangtua kami, pahlawan negara kita," ucapnya.

Ia mengatakan, kakeknya tersebut sebagai seorang sosok yang bersahaja dan sederhana.

"Karaeng ibarat mutiara yang tenggelam di lumpur, yang namanya mutiara pasti akan bercahaya walau tenggelam. Beliau sosok yang selalu memperhatikan rakyat dengan kesederhanaannya," ujarnya.

"Untuk pak Wali Kota Makassar, Bangkitkan Makassar supaya semakin tambah baik. Anda adalah kebanggan warga Takalar dan Makassar," pungkasnya. (*)

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved