TribunTimur/

Novika Henri, Dari Penyiar Radio Hingga Jadi MC dan Pebisnis

Beberapa tahun silam, Novi bergabung menjadi penyiar di Smart FM (101,1 FM).

Novika Henri, Dari Penyiar Radio Hingga Jadi MC dan Pebisnis
nurul adha/Tribun
Penyiar Radio Smart FM, Novika Henri 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Ceria dan humble. Itulah kesan yang yang didapatkan ketika bertemu salah seorang penyiar ternama di Makassar, Novika Henri.

Novi sapaannya mengatakan, dari hobi bicara dan membaca, dia menekuni sebuah pekerjaan yang menjadi passionnya. Beberapa tahun silam, Novi bergabung menjadi penyiar di Smart FM (101,1 FM).

"Saya masuk di perkancahan radio mulai 2008. Bagi saya pribadi, menjadi penyiar merupakan hobi yang dibayar. Sudah beberapa stasiun radio pernah saya bergabung di dalamnya," jelas Novi yang ditemui tribun-timur.com belum lama ini.

Kurang lebih sembilan tahun berkecimpung di dunia radio, Novi telah menyicipi asam dan pahit manisnya sebagai seorang penyiar. Secara garis besar, ia sangat menikmati pekerjaannya.

Tak mulus. Perjalanan yang dihadapi wanita kelahiran 1990 silam ini mengalami banyak kendala dan tantangan. Salah satunya adalah keharusan on-time saat siaran pagi.

Selama bergabung di Smart FM, bakat dan kemampuannya semakin terasah. Evaluasi rutin digelar setelah siaran dilakukan. Tujuannya, membentuk karakter penyiar yang profesional.

"Smart FM bagi saya bukan radio biasa. Seorang penyiar harus cerdas dan mampu merepresentasikan bagaimana program serta visi misi radio Smart FM. Bukan hanya datang lalu berbicara kepada para pendengar, persiapan yang kita lakukan dari hulu ke hilir, begitu pula evaluasinya, " tuturnya.

Berkat jadi penyiar radio itu, dia juga sering dapat job jadi MC di berbagai acara. Sehingga menambah rezeki dan relasi serta pengalaman. ”Intinya semua yang dilakukan dengan kesabaran akan berbuah manis. Apalagi dilakukan dari hati, jadi enjoy menjalaninya,” imbuhnya.

Selain itu, ia mengaku telah membangun relasi dengan sejumlah kalangan profesional dan enterpreneur muda berkat profesinya ini. Berbisbispun menjadi pekerjaan sampingannya untuk menyalurkan hobi barunya.

"Selama membawakan acara talkshow yang menghadirkan para pebisnis andal, minat bisnis saya mulai muncul. Dari mereka saya banyak belajar soal bisnis," ucapnya.

Saat ini Novi membawakan program Morning drive, Afternoon drive dan Smart community di frekuensi 101,1 FM. (*)

Penulis: Nurul Adha Islamiah
Editor: Nurul Adha Islamiah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help