Opini

Media Massa dan "Kids Zaman Now"

Perkembangan tersebut sulit untuk dipisahkan dengan kehidupan masyarakat yang sehari-hari

Media Massa dan
ist
Qudratullah Rustam 

Oleh: Qudratullah Rustam, S.Sos., M.Sos.

ERA globalisasi menjadi era di mana manusia diberikan kemudahan untuk melihat luasnya dunia. Perkembangan tersebut tidak hanya diikuti oleh Negara tertentu saja, tetapi hampir seluruh dunia telah merasakan era serba canggih tersebut.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi banyak diikuti oleh masyarakat. Perangkat teknologi informasi dan komunikasi bukan lagi barang yang sulit untuk diperoleh. Di Indonesia, perangkat teknologi informasi dan komunikasi seperti smartphone, televisi, laptop dan sebagainya sangat sudah tidak asing lagi. Harganya pun tidaklah semahal dulu ketika baru muncul dan dianggap sebagai barang yang sangat mencerminkan kelas sosial seseorang.

Perkembangan tersebut sulit untuk dipisahkan dengan kehidupan masyarakat yang sehari-hari menggunakan perangkat tersebut terutama smartphone. Memang sangat sulit untuk terlepas dari perangkat canggih yang dapat memudahkan seseorang dengan orang lain bahkan lebih untuk saling terhubung dan melakukan komunikasi tanpa mengenal jarak dan waktu.

Inilah mengapa abadk ke-21 dikatakan sebagai abad komunikasi massa (Jalaluddin Rakhmat, 1985: 174). Abad komunikasi massa tersebut tentunya ditandai dengan munculnya media massa sebagai alat komunikasi massa.

Media massa menurut Dennis McQuail (2000:4) merupakan media yang mampu menjangkau massa dalam jumlah besar dan luas yang bersifat publik dan dapat memberikan popularitas kepada siapa saja yang muncul di media massa.

Itulah mengapa para selebriti banyak populer karena kemunculannya di media massa. Saat ini tidak hanya selebriti saja yang sering kali dianggap populer, tetapi seseorang yang mampu menarik perhatian para warganet juga dianggap populer. Contohnya instagramer (sebutan untuk pengguna instagram) yang mampu menarik pengguna instagram lainnya melalui foto dan video berdurasi pendek. Selain itu, ada pula YouTuber (pengguna YouTube) yang mampu menarik perhatian para viewers dengan video berdurasi panjang. Masih banyak lagi media massa lain yang digunakan untuk menampilkan diri dan menjadi populer di kalangan pengguna media sosial.

Segala sesuatu yang dianggap populer oleh sebagian besar pengguna media massa otomatis akan diikuti dan menjadi trend di kalangan pergaulannya. Inilah bukti bahwa media massa sangatlah mempengaruhi kehidupan masyarakat. Bukan hanya remaja dan orang dewasa yang tertarik untuk melihat dan meniru hal-hal yang dianggap populer.

Anak-anak zaman sekarang atau yang akhir-akhir ini disebut “Kids Zaman Now” tidak lagi seperti anak-anak kelahiran tahu 1990-an yang banyak menghabiskan masa kecil mereka dengan bermain bersama teman sebaya, bermain mainan tradisional dan jauh dari pengaruh media massa terutama smartphone.

Anak-anak zaman sekarang tidak asing lagi dengan smartphone yang serba canggih. Mereka bahkan lebih banyak tahu internet dibanding dengan orangtua mereka. rasa keingin tahuan anak-anak saat menggunakan smartphone. Tidak jarang anak-anak zaman sekarang telah menggunakan media sosial terutama facebook.

Halaman
123
Editor: Imam Wahyudi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help