TribunTimur/

NasDem Lolos, 3 Parpol Lainnya Ditolak KPU Enrekang, Ternyata Ini Penyebabnya

Hanya NasDem yang dinyatakan telah lolos berkas untuk diproses ke tahapan verifikasi dokumen.

NasDem Lolos, 3 Parpol Lainnya Ditolak KPU Enrekang, Ternyata Ini Penyebabnya
m azis albar/tribunenrekang.com
Komisioner KPU Enrekang divisi hukum, Jumadir (kanan) saat menerima berkas pendaftaran Partai NasDem Enrekang di Kantor KPU Enrekang, Jumat (13/10/2017). 

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com, Muh Azis Albar

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG - Hingga saat ini sudah ada empat partai yang telah menyerahkan berkas pendaftaran sebagai calon peserta Pemilu 2019 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Enrekang.

Empat partai tersebut adalah Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Dari empat partai tersebut, hanya NasDem yang dinyatakan telah lolos berkas untuk diproses ke tahapan verifikasi dokumen.

"Iya sudah ada empat partai yang menyetor berkasnya, tapi baru NasDem yang telah memenuhi persyaratan dan kita terima berkasnya," kata Komisioner KPU Enrekang divisi hukum, Jumadir kepada TribunEnrekang.com, Jumat (13/10/2017).

Sementara tiga partai lainnya, yaitu PDIP, Perindo, dan PSI berkasnya dikembalikan lantaran dokumen yang diserahkan belum lengkap.

"NasDem partai pertama yang berkasnya kita terima, tiga partai lainnya kita kembalikan berkasnya untuk dilengkapi terlebih dahulu," ujarnya.

Ia menjelaskan, salah satu persyaratan yang belum dilengkapi tiga partai itu adalah tidak sesuainya data yang ada di aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) KPU dengan berkas yang diserahkan oleh partai tersebut.

Padahal, kesesuaian data di Sipol dengan berkas yang disetor merupakan salah satu persyaratan utama untuk lolos verifikasi administrasi.

"Jadi untuk semua partai mohon diperhatikan datanya sebelum menyerahkan berkasnya," tutupnya.(*)

Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help