TribunTimur/
Home »

Luwu

Hanya Setor 171 KTP, Judas Amir Ditolak KPU Luwu

Komisioner KPU Luwu, Adly Aqsa mengatakan, pengembalian karena berkas NasDem tidak lengkap.

Hanya Setor 171 KTP, Judas Amir Ditolak KPU Luwu
desy arsyad/tribunluwu.com
Ketua DPD NasDem Luwu, HM Judas Amir saat mendatangi KPU Luwu, Jl Jendral Sudirman, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Luwu, Sulsel, Jumat (13/10/2017). 

Laporan Wartawan TribunLuwu.com, Desy Arsyad

TRIBUNLUWU.COM, BELOPA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu mengembalikan berkas DPD Partai Nasional Demokrasi (NasDem) Luwu yang diketuai oleh Wali Kota Palopo, HM Judas Amir.

Judas Amir sendiri memimpin penyerahan berkas diikuti pengurus partai dan Legislator NasDem, Wahyu Napeng, dan Nur Alam Tagan di ruang Media Center KPU Luwu, Jl Jendral Sudirman, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Luwu, Sulsel, Jumat (13/10/2017) pukul 09.15 Wita.

Komisioner KPU Luwu membidangi Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Adly Aqsa mengatakan, pengembalian karena berkas NasDem tidak lengkap.

Baca: Kader NasDem Luwu Wajib Menangkan Semua Pilkada

Dimana jumlah KTA di Sistem Informasi Politik (Sipol) untuk DPD NasDem Luwu 129 KTA dan begitu pun juga dengan KTP Elektronik, tidak sesuai dengan dengan yang mereka setorkan yakni hanya 122 KTA dan 171 KTP.

"Sesuai dengan Data Agregat Kependudukan (DAK) kita itu 375, jadi sekurang-kurangnya itu partai politik itu menyetorkan 375, kalau ini kan kurang, jadi wajar kami kembalikan. Apalagi data yang disetor dengan di Sipol tidak berkesesuaian," tuturnya.

Itupun, lanjut Adly, jika jumlah 375 dimasukkan di Sipol oleh pengurus partai pusat dan ditemukan ada yang ganda maka sistem akan mendeteksi dengan otomatis jumlah tersebut berkurang.

Baca: Rakerda Nasdem Luwu, Komitmen Dukung NH-Aziz Menguat

"Padahal dua hari yang lalu staf cek di Sipol jumlah KTAnya itu lebih seribu, tapi hari ini jumlahnya 129. Meskipun jumlah berkas yang disetor sesuai dengan Sipol tetap kami kembalikan, karena tidak lengkap sesuai jumlah DAK," jelasnya.

Jumlah DAK 375 ini diambil dari data 1/1000, dimana jumlah penduduk Kabupaten Luwu 375.535, jadi jumlah minimal yang harus disetor 375.

Sementara itu Legislator NasDem, Wahyu Napeng akan melengkapi secepatnya kekurangan dari KTA dan e-KTP.(*)

Penulis: Desy Arsyad
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help