TribunTimur/

CITIZEN REPORTER

Farmasi Unhas Edukasi Remaja Bulukumba Jauhi Alkohol, Ini Bahayanya

Kegiatan ini berupa memberikan edukasi resiko kesehatan minuman beralkohol bagi remaja usia sekolah di sekitar kawasan wisata Tanjung Bira

Farmasi Unhas Edukasi Remaja Bulukumba Jauhi Alkohol, Ini Bahayanya
CITIZEN REPORTER
Tim Fakultas Farmasi Unhas melakukan kegiatan pengabdian masyarakat, Jumat (13/10/2017) berupa memberikan edukasi resiko kesehatan minuman beralkohol bagi remaja usia sekolah di sekitar kawasan wisata Tanjung Bira 

Citizen Reporter, A Affandi, Dosen Fakultas Farmasi Unhas Melaporkan dari Tanjung Bira, Bulukumba

Tim Fakultas Farmasi Unhas kembali melakukan kegiatan pengabdian masyarakat, Jumat (13/10/2017). Kegiatan ini berupa memberikan edukasi resiko kesehatan minuman beralkohol bagi remaja usia sekolah di sekitar kawasan wisata Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba. Kegiatan ini dipusatkan di SMAN 16 Bulukumba dan SMKN 6 Perkapalan Bulukumba.

Sebagaimana diketahui bahwa alkohol yang umumnya digunakan sebagai pelarut penting di laboratorium kimia; juga terkadang digunakan sebagai salah satu komoditas pada sarana hiburan di daerah wisata. Minuman beralkohol pada batas konsumsi tertentu dapat menyebabkan gangguan kesadaran.

Bahkan, jika dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan resiko beberapa gangguan kesehatan seperti anemia; gangguan saraf; hipertensi; sirosis hati; gangguan pankreas; gangguan ginjal; gangguan jantung dan kanker.

Tim pengabdian Fakultas Farmasi Unhas dari Makassar menuju ke SMAN 16 Bulukumba dipimpin oleh wakil dekan bidang Akademik Fak. Farmasi, Subehan, Ph.D., Apt., sedangkan tim yang menuju ke SMKN 6 Perkapalan Bulukumba dipimpin oleh Wakil Dekan bidang keuangan dan perencanaan Fak. Farmasi, Dr. Risfah Yulianti, M.Si., Apt bersama dengan Prof. Dr. Hj. Asnah Marzuki, M.Si., Apt.

Adapun bentuk kegiatan yang dilakukan di kedua SMA ini meliputi :
1. Materi edukasi dan kampanye alkohol terkait dengan interaksi obat dan alkohol melalui pendekatan Farmakologi dan terkait toksisitas minuman beralkohol oleh Yulia Y. Djabir, Ph.D., Apt. dan Sukamto S. Mamada, M. Sc., Apt.

2. Materi berupa edukasi melalui efek minuman beralkohol dan obat-obatan melalui pendekatan kimia medisal oleh Muh. Aswad, Ph.D., Apt. dan Drs. Hasyim Bariun, M.Si., Apt.

Setelah itu dilanjutkan dengan deteksi konsumsi alkohol pada siswa melalui tes urin oleh Yulia Y. Djabir, Ph.D., Apt. dan Sumarheni, M.Sc., Apt.

Tim diterima oleh Kepala Sekolah dan wakil kepala sekolah beserta guru-guru di sekolah tersebut. Siswa yang diberikan materi edukasi dan pemeriksaan urin sekitar 60 siswa di masing-masing sekolah.

Wakil Kepala sekolah SMKN 6 Bulukumba,  Muh. Yakin, S.Pd., M.M., sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini. "Kami dari pihak sekolah sangat senang dan berterima kasih atas kegiatan ini. Kegiatan ini dapat membantu membimbing siswa dalam membentengi diri terhadap pengaruh luar yang menghancurkan generasi muda dan dapat memotivasi diri mereka" ujarnya.

Tim pengabdian dosen yang diketuai oleh Andi Affandi, M.Sc., Apt ini bersama dengan Wakil Dekan bidang akademik Fak. Farmasi Unhas, Subehan, Ph.D., Apt; Prof. Dr. Hj. Asnah Marzuki, M.Si., Apt.; Yulia Y. Djabir., Ph.D., Apt.; Dr. Risfah Yulianti, M.Si., Apt.; Muh. Aswad, Ph.D., Apt.; Drs. H. Hasyim Bariun, M.Si., Apt.; Dra. Christiana Lethe, M.Si., Apt.; Sumarheni, M.Sc., Apt.; Sukamto S. Mamada, M.Sc., Apt.; Achmad Himawan, S.Si., Apt. dan puluhan mahasiswa asisten dosen di laboratorium Kimia Farmasi.

Selaku ketua tim pengabdian, Andi Affandi yang juga merupakan asli Bulukumba menyampaikan target dari kegiatan edukasi dan kampanye minuman beralkohol.

"Kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran generasi muda akan risiko minuman beralkohol; disamping itu untuk mencegah penyalahgunaan pencampuran alkohol dan obat-obatan di kalangan remaja" ujarnya.

Sebelum balik ke Makassar, selanjutnya tim pengabdian Fakultas Farmasi Unhas menikmati indahnya kawasan Wisata Tanjung Bira, Bulukumba. (*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help