TribunTimur/
Home »

Lutim

VIDEO ON DEMAND

VIDEO: Bupati Luwu Timur Memulai Pembangunan Pabrik Veneer di Tomoni

Termasuk 68 desa masuk dalam konsorsium UMHR di tujuh kecamatan diantaranya Mangkutana, Wotu, Burau, Angkona

TRIBUNLUTIM.COM, TOMONI - Pabrik industri pengolahan kayu rakyat-veneer mulai dibangun di Dusun Kebun Rami 1, Desa Mandiri, Kecamatan Tomoni, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (12/10/2017).

Bupati Luwu Timur, Thorig Husler meletakan batu pertama menandakan dimulainya pembangunan industri tersebut.

Peletakan batu pertama ramai dihadiri sejumlah kepala dinas, camat, kepala desa, tokoh masyarakat dan warga.

Pembangunan industri veneer hasil kerjasama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur dengan Konsorsium Berdaya Hijau dari gabungan LSM/NGO lokal dan kelompok tani hutan rakyat Unit Manajemen Hutan Rakyat (UMHR).

Anggota konsorsium diantaranya Sulawesi Community Founditon (SCF) sebagai lead konsorsium, Nusa Celebes Center (NCC), Generasi Pencinta Alam Wasuponda (GEMPAWA).

Termasuk 68 desa masuk dalam konsorsium UMHR di tujuh kecamatan diantaranya Mangkutana, Wotu, Burau, Angkona, Tomoni, Tomoni Timur dan Kalaena.

Program ini didukung sepenuhnya oleh Millenium Chalange Account (MCA) Indonesia dan Pemkab Luwu Timur, melalui nota kesepahaman yang ditandatangani antara MCA-Indonesia dan Pemkab Luwu Timur 2014.

Selanjutnya nota kesepakatan yang ditandatangani antara Konsorsium Berdaya Hijau dengan Pemkab Luwu Timur tahun 2016.

Konsorsium Berdaya Hijau menjalankan program ini untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan kelompok rentan melalui pengelolaan hutan rakyat secara berkelanjutan yang bertujuan untuk menurunkan tingkat kemiskinan dan emisi gas rumah kaca.

Penulis: Ivan Ismar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help