TribunTimur/

Pemilik Ribuan Butir Obat Daftar G di Makassar akan Diadili Pekan Depan

hakim yang menyidangkan perkara tersebut dipimpin langsung oleh hakim ketua Cenning Budiana

Pemilik Ribuan Butir Obat Daftar G di Makassar akan Diadili Pekan Depan
TRIBUN TIMUR/HASAN BASRI
Barang Bukti. Alex selaku pemasok dan pemilik jutaan obat daftar G sebelumnya ditangkap oleh polisi satuan gabungan Polres Gowa, di ruko milik Alex, Jl Malengkeri, kota Makassar, Senin (17/7/2017) 

Laporan wartawan Tribun Timur Hasan Basri

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Kejaksaan Negeri Makassar resmi menyerahkan berkas perkara kasus penyalagunaan obat obat terlarang jenis daftar G dengan tersangka Alex ke Pengadilan Negeri Makassar.

Pengadilan menjadwalkan persidangan perdana terdakwa akan digelar pekan depan dengan agenda pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Sesuai dengan agenda yang telah dijadwalkan akan digelar 17 bulan 10 mendatang," kata Humas Pengadilan Negeri Makassar, Safri kepada Tribun.

Safri menyampaikan hakim yang menyidangkan perkara tersebut dipimpin langsung oleh hakim ketua Cenning Budiana dan dua hakim anggota lainya.

Sebelumnya Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Makassar, Andi Usama mengatakan tersangka Alex dijera pasal 196 dan 197 tentang undang undang kesehatan dengan ancaman ukuman pidana paling lama 15 tahun penjara dan denda 1,5 miliar.

Setiap orang yang dengan sengaja memproduksi atau mengedarkan sediaan farmasi dan/atau alat kesehatan yang tidak memiliki izin edar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1)8 terancam dipidana.

"Tersangka dikenakan pasal 196 dengan ancaman pidana paling lama 10 tahun dan denda paling banyak 1 milyar. Sementara pasal 197 ancaman pidana paling lama 15 tahun dan denda paling banyak 1,5 milyar," sebut Andi Usama.

Kepemilikan ribuan obat daftar G itu terungkap setelah satuan gabungan Polres Gowa, Senin (17/7/2017). Alex ditangkap dirukonya Jl Malengkeri, lalu tim Polres Gowa dipimpin Ipda Emil Fahmi, menggerebek rumah tersangka Alex di Mangasa, Sombaopu, Gowa.

Dari rumah tersebut, tim Polres berhasil mengamankan jutaan butir obat daftar G jenis Tramadol, Somadril, Gastrul, Gynaecosit, Luxuan, Emperor Capsule dan Frixitas.

Penulis: Hasan Basri
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help