TribunTimur/

KPU Makassar Buka Pendaftaran PPK dan PPS, Ini Syaratnya

Untuk calon PPK, pendaftaran dan pengambilan formulir berakhir 18 Oktober.

KPU Makassar Buka Pendaftaran PPK dan PPS, Ini Syaratnya
HANDOVER
Komisioner Divisi Parmas dan SDM KPU Makassar, Andi Shaifuddin

Laporan Wartawan Tribun Timur Abdul Azis Alimuddin

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar membuka pendaftaran calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemilihan Suara (PPS).

Rekrutmen dilaksanakan mulai hari ini, Kamis (12/10/2017). Untuk calon PPK, pendaftaran dan pengambilan formulir berakhir 18 Oktober. Sementara untuk PPS berakhir 31 Oktober 2017.

Calon PPK/PPS akan melewati beberapa tahapan. Mulai seleksi administrasi, tanggapan masyarakat, seleksi tertulis, uji publik hingga tes wawancara.

"Uji publik ini hal baru dalam tahapan rekrutmen penyelenggara adhock yang merupakan hasil pertemuan rakor SDM KPU Sulsel belum lama ini," kata Komisioner Divisi Parmas dan SDM KPU Makassar, Andi Shaifuddin, Kamis (12/10/2017).

"Uji publik akan diformat dalam bentuk FGD untuk menguji kemampuan, sikap dan pengetahuan calon penyelenggara. Para tokoh masyarakat akan memberikan penilaian langsung dalam bentuk tertulis," ujar Shaifuddin.

Shaifuddin mengatakan hasil uji publik menjadi bahan masukan dan pertimbangan bagi para komisioner KPU Makassar dalam mengambil sikap.

"Kami mengundang para pemuda dan tokoh masyarakat non partisan parpol untuk ikut seleksi PPK/PPS," katanya.

Adapun syarat mencalonkan diri sebagai PPK dan PPS, kata Shaifuddin, usia minimal calon 17 tahun bukan lagi 25. Selain itu, rekomendasi lurah atau kepala desa tidak lagi menjadi syarat.

"Meskipun demikian kami tetap meminta kerjasama lurah dan camat agar membantu mensosialisasikan seleksi ini ke masyarakat," ujarnya.(*)

Penulis: Abdul Azis
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help