TribunTimur/

Jelang Pilkada Serentak, 800 Mahasiswa Ikut Pendidikan Politik

Pendidikan politik digelar hingga VIII Angkatan. Dalam satu angkatan itu sebanyak 100 orang peserta.

Jelang Pilkada Serentak, 800 Mahasiswa Ikut Pendidikan Politik
HANDOVER
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Makassar menggelar kegiatan pendidikan politik yang melibatkan para mahasiswa dan pemuda. 

Laporan wartawan Tribun Timur, Saldy

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Dalam menghadapi Pilkada serentak yang akan berlangsung di kota Makassar tahun 2018 mendatang, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Makassar menggelar kegiatan pendidikan politik yang melibatkan para mahasiswa dan pemuda.

Pendidikan politik digelar hingga VIII Angkatan. Dalam satu angkatan itu sebanyak 100 orang peserta.

Sekertaris Badan Kesbangpol Makassar Ahmad Namsum mengatakan pendidikan politik ini sudah berlangsung beberapa pekan terakhir di Hotel Graha Jl Hertasning, Makassar.

"Alhamdulilah, pendidikan politik cerdas sudah dilalui empat angkatan dari total delapan angkatan, " ujar Namsum, yang juga mantan Ketua KPU Makassar ini di sela pendidikan bagi angkatan ke IV, Kamis (12/10/2017)

Setiap angkatan akan di didik selama dua hari oleh akademisi, pihak Kesbangpol, komisioner KPU, dan Panwaslu.

Acara ini berlangsung dengan lancar, dan mendapat respon positif bagi pemuda. Tidak hanya edukasi, para pemuda ini juga membantu pemerintah dalam menjalankan sistem berdemokrasi yang cerdas saat pelaksanaan Pilkada.

"Jadi para pemuda yang ikut di kegiatan ini mendapat ilmu lebih. Bahkan ilmunya tak pernah didapat di Kampus," kata Namsum.

Ia menjelaskan pelibatan para pmuda ini, untuk mengoptimalkan kerja - kerja panitia penyelenggara Pilkada agar berjalan dengan lancar, tertib, dan beretika.

"Mereka ini tugasnya sebagai penyambung informasi, tentang kepemiluan. Contohnya bagaimana bida menyadarkan masyarakat untuk peduli dan datang memilih calon kepala daerah serta memediasi masyarakat tentang tata cara memilih saat di bilik suara," Namsum menambahkan.

Pelibatan para pemuda ini diyakini akan efektif. Pasalnya, ide ide kreatif para pemuda akan di kolaborasikan dengan sistem yang ada.(*)

Penulis: Saldy
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help