TribunTimur/

Dinas Koperasi dan UKM Sulsel Ajak Pemuda Berwirausaha

diklat ini merupakan program dari Dinas Koperasi dan UKM yang dilaksanakan setiap tahun

Dinas Koperasi dan UKM Sulsel Ajak Pemuda Berwirausaha
FAHRIZAL SYAM
Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Diklat Kewirausahaan dan Penghargaan Wirausaha Tahun 2017, di Grand Sayang Park Hotel, Jl Maccini Sombala, Makassar, Kamis (12/10/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Diklat Kewirausahaan dan Penghargaan Wirausaha Tahun 2017, di Grand Sayang Park Hotel, Jl Maccini Sombala, Makassar, Kamis (12/10/2017).

Diklat ini diikuti 100 peserta asal Kabupaten Bantaeng yang terdiri dari angkatan I sebanyak 50 orang, dan angkatan II 50 orang.

Kepala UPTD Diklat Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Abd Azis mengatakan diklat ini merupakan program dari Dinas Koperasi dan UKM yang dilaksanakan setiap tahun untuk mencapai target pemerintahan SYL -Agus yakni 300 ribu wirausahawan.

"Ini memang program tahunan kami tapi sekaligus kita semarakkan HUT Sulsel ke-348. Diklat ini untuk melahirkan wirausahawan-wirausahawan muda Sulsel sesuai target pemerintah yakni 300 ribu wirausahawan hingga akhir periode SYL-Agus," kata Abd Azis.

Ia mengungkapkan, saat ini target tersebut telah dicapai di atas 50 persen, dan diyakini akan mencapi target sampai akhir jabatan SYL-Agus.

"Mencapai target seperti itidak hanya mengandalkan provinsi saja, itu bisa tercapai target pemerintah melahirkan banyak wirausahawan di Sulsel karena peran serta kabupaten juga, BUMN, dan swasta juga," ungkapnya.

Selain dari Kabupaten Bantaeng, diklat juga telah dilaksanakan di beberapa Kabupaten seperti Pinrang, Bone, Sinjai, Barru, Takalar.

"Nah, untuk hari ini serentak dilaksanakan pembukaan yakni Kabupaten Bantaeng, Sidrap, Wajo, Pangkep, dan Soppeng," ungkapnya.

Abd Azis menuturkan, pemerintah Sulsel saat ini berharap ke seluruh anak muda agar dapat mengembangkan kewirausahaan.

"Kami berharap ke anak muda sekarang, sudah saatnya beralih mindset dari yang hanya pencari kerja, saatnya sekarang menjadi pencipta lapangan kerja atau wirausaha, karena lebih menjanjikan di masa depan," imbuhnya.

Menurutnya, kebutuhan negara terhadap wirausaha saat ini masih tinggi. "Posisi kita sekarang 3,01 persen tertinggal dari negara-negara Asean seperti Malaysia dan Singapura," kata dia.

"Anak muda dari kalangan perguruan tinggi maupun yang baru seleaai SLTA, mari kita bersama-sama pemerintah dan BUMN, serta swasta mendorong anak muda kita menjadi wirausahawan handal, karena SDA kita butuh anak muda kreatif. Sayang sekali SDA kita di Sulsel jika tidak dimaksimalkan," tambahnya. (*)

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help