TribunTimur/

Ternyata, Perceraian Orangtua Bisa Menurun ke Anak

Sebuah hipotesis muncul dalam kasus ini, yakni adanya pengaruh dari lingkungan dan normalisasi perceraian.

Ternyata, Perceraian Orangtua Bisa Menurun ke Anak
huffington
ilustrasi 

TRIBUN-TIMUR.COM - Perceraian dalam keluarga ternyata menurun ke keturunannya atau secara genetis. Hal inilah yang dikatakan oleh seorang periset.

Dilansir dari Independent, seorang anak yang memiliki orangtua bercerai akan lebih rentan bercerai ketika membangun mahligai rumah tangga.

Sebuah hipotesis muncul dalam kasus ini, yakni adanya pengaruh dari lingkungan dan normalisasi perceraian.

Orangtua yang bercerai ketika anak yang sedang mengalami perkembangan, biasanya ia akan menganggap perceraian sebagai hal yang biasa.

Hal ini tentu saja berbeda dengan anak yang tumbuh tanpa adanya perceraian di hadapan mereka.

Namun, tak hanya itu, sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa perceraian juga disebabkan oleh faktor gen atau internal. Potensi perceraian seorang anak yang orangtuanya bercerai lebih besar dari orang tua angkat.

Penelitian yang dilakukan oleh Virginia Commonwealth University dan Universitas Lund di Swedia tersebut memengaruhi konselor perkawinan untuk memberikan saran kepada para pasangan yang bermasalah.

Dilansir dari Medical News Today, Prof Salvatore dan rekan-rekannya menggunakan apa yang disebut sebagai desain adopsi klasik.

Mekanismenya, gagasan dasar dengan desai adopsi adalah memberi banyak daya tarik pada pertanyaan apakah sesuatu (seperti perceraian) berjalan dalam keluarga karena genetik atau lingkungan.

Melalui mekanisme penelitian tersebut, Prof Salvatore melihat apakah anak dengan orangtua genetis bercerai akan melakukan hal yang sama atau tidak.

Studi ini mencakup 19.715 orang adopsi dengan 52% di antaranya adalah laki-laki. Mereka memiliki riwayat perceraian yang mirip dengan orangtua kandung mereka. Namun, orangtua angkatnya tidak.

Dalam penelitian tersebut, peneliti pun menyimpulkan bahwa ada bukti konsisten faktor genetik berkontribusi dalam sebuah perceraian transmisi antargenerasi.(*)

Artikel ini sudah tayang di tribunwow.com dengan judul “Tak Disangka, Ternyata Perceraian Bisa Jadi ‘Penyakit’ Turun-temurun”.

Editor: Hasriyani Latif
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help