TribunTimur/
Home »

Gowa

Terapkan Siskeudes Sejak 2015, Pemkab Gowa Dipuji KPK

Hal ini merupakan komitmen Pemerintah Gowa terkait transparansi dan akuntabiltas pengelolaan dana desa.

Terapkan Siskeudes Sejak 2015, Pemkab Gowa Dipuji KPK
Handover
Bupati Gowa Adnan Purichta IYL menghadiri acara penandatanganan Berita Acara Serah Terima Source Code Aplikasi Perizinan dan TPP (Sistem e-kinerja) dari provinsi ke pemerintah kabupaten/kota di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (11/10). 

Laporan Wartawan Tribun Timur Wa Ode Nurmin

TRIBUN-TIMUR.COM,SUNGGUMINASA-  Pemkab Gowa sejak tahun 2015 sudah mensosialisasikan penggunaan aplikasi Sistem Keuangan Dana Desa (Siskeudes) dan menjadi satu-satunya kabupaten di Sulawesi Selatan yang menggunakan aplikasi ini di seluruh desanya.

Hal ini merupakan komitmen Pemerintah Gowa terkait transparansi dan akuntabiltas pengelolaan dana desa.

Atas dasar itulah, Pemerintah Gowa mendapat pujian dari Kepala Satgas Wilayah 1 Kedeputian Bidang Pencegahan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) RI, Tri Gamarefa pada acara Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Source Code Aplikasi Perizinan dan TPP (Sistem e-kinerja) dari provinsi ke pemerintah kabupaten/kota di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (11/10).

Tri secara terbuka memuji Kabupaten Gowa dihadapan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo dan para bupati/walikota se-Sulsel.

"Diantara semua kabupaten/kota di Sulsel, Gowa satu-satunya yang menerapkan Siskeudes di seluruh desanya. Gowa telah menerapkannya sejak 2016, bukan cuma itu pelaporan dana desanya juga yang terbaik di Sulsel," ujar Tri.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengaku bersyukur atas komitmen dan kinerja Pemerintah Kabupaten Gowa yabg mendapat apresiasi oleh KPK.

"Tentu saya sangat bersyukur atas apresiasi yang diberikan melalui forum yang terhormat ini. Semua ini bisa terealisasi berkat kerja keras dan kebersamaan kita semua. Mari kita jadikan ini sebagai motivasi untuk terus berkomitmen untuk kinerja pemerintah terbaik demi meraih prestasi demi prestasi, " ujar bupati termuda di KTI itu.

Penggunaan aplikasi dan pelaporan terbaik ini juga bahkan telah mengantarkan Bupati Gowa dan Kepala Desa Julubori sebagai salah satu kepala desa terbaik penyelenggara Siskeudes yang diundang ke Istana Negara menerima pengarahan dari Presiden RI Jokowi Mei lalu.

Kehadiran Bupati Gowa di Istana Negara saat itu sekaligus merupakan perwakilan satu-satunya kepala daerah dari Kawasan Timur Indonesia yang masuk dalam 14 kabupaten di Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Waode Nurmin
Editor: Ardy Muchlis
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help