TribunTimur/

Satgas Saber Pungli Sosialisasi Perpres 87 di Mamuju

Mantan anggota DPR RI itu berhadap, melalui sosialisasi tersebut masyarakat dapat mengetahui batasan-batasan mana saja yang dapat dikelompokkan

Satgas Saber Pungli Sosialisasi Perpres 87 di Mamuju
nurhadi/tribunsulbar.com
Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam) RI menggelar sosialisasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang satuan tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) kepada mahasiswa dan pelajar di Provinsi Sulbar, Rabu (11/10/2017). 

TRIBUNSULBAR.COM, MAMUJU - Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam) RI menggelar sosialisasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang satuan tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) kepada mahasiswa dan pelajar di Provinsi Sulbar, Rabu (11/10/2017).

Sosialisasi tersebut dilbuka langsung oleh Wakil Gubernur Sulbar Enny Angraeni Anwar di ruangan multifungsi d,Maleo Hotel Mamuju, Jl. Yos Sudarso, Kelurahan Binanga, Kecamatan Mamuju, Sulbar, yang akan berlangsung hingga Kamis 12 Oktober 2017.

Wakil Gubernur Sulbar Enny Angraeni mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan mampu mensosialisasikan pemberantasan Saber Pungli di Sulbar, sehingga terwujud pelayanan publik lebih bersih, serta membangun kepastian dan kepercayaan publik terhadap aparat pemerintah.

“Untuk itu, saya harapkan sosialisasi ini diikuti dengan baik agar kita terbebas dari kegiatan yang tidak baik, bukan hanya pelajar dan mahasiswa tapi kita semua harus melibatkan diri mensosialisasikan kepda masyarakat," kata Enny usai membuka kegiatan itu.

Mantan anggota DPR RI itu berhadap, melalui sosialisasi tersebut masyarakat dapat mengetahui batasan-batasan mana saja yang dapat dikelompokkan menjadi pungli dan tidak.

“Saya juga mengajak semua komponen masyakarat untuk mendukung pelaksanaan tugas Saber Pungli, serta tidak terlibat dalam pungli yang mengarah pada tindakan KKN” ujar istri mantan Gubernur Sulbar dua periode itu.

Wakil Sekretaris Satgas Saber Pungli, Irjen Pol Muhammad Gufron yang hadir sebagai pembicara dalam sosialisasi itu, mengatakan salah satu cara membangun karakter bangsa adalah melalui percepatan pembangunan dan terhindar dari perilaku pungli sesuai dengan nawacita Presiden, untuk mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian.

“Initinya sosialisasi ini bertujuan memberikan info dan menyamakan persepsi dalam pemberantasan pungli, adanya pengalaman yang sama Satgas Pungli pusat dan daerah, serta pemberantasan melalui masyarakat, pelajar dan mahasiswa” kata Gufron.

Perwira polisi berpangkat dua bintang itu, mengatakan kegiatan sosialisasi tersebut akan dilaksanakan disemua provisi yang ada di Indonesia demi memasyarakatkan peraturan tentang saber pungli.

"Tahap awal percepatan pembangunan di Indonesia sesuai sesuai yang ada dalam nawacita presiden, khusus pada bidang Ekonomi harus ditopang oleh stabilitas politik, keamanan dan kepastian hukum. seperti pemberantasan pungli, pemberantasan penyelundupan, percepatan pelayanan SIM dan STNK, relokasi lapas, dan perbaikan layanan hak paten produk," pungkas Irjen Pol Gufron.

Ia menegaskan, praktek pungli saat ini telah merusak sendi kehidupan masyarakat, dia berharap Satgas Saber pungli disemua daerah yang memiliki fungsi Intelejen Pencegahan, penindakan, dan Yustisi, harus memaksimalkan fungsi dalam memberantas segala macam pungutan liar dengan mengoptimalkan sarana dan unsur-unsur yang ada didalamnya.

"Satgas Saber Pungli harus betul optimal, memberikan rekomendasi kepada pemerintah daerah untuk melakukan penindakan terhadap aparatur sipil negara ketikan ditemukan melakukan pungli. karena kita berharap praktek pungli ini lebih berkurang, sehingga martabat institusi negara baik karena bebas dari segala bentuk pungli,"tuturnya.

Sosialisasi tersebut dihadiri sejumlah unsur, diantaranya, Perwakilan Polda Sulbar, Unsur Forkopimda, Kepala Badan Intelejen Daerah (Kabinda) Sulbar Hamzah, Kepala BNNP Sulbar, Brgijen Pol Dedi Sutarya, Perwakilan Korem 142 Tatag, Danlanal Mamuju, para pimpinan OPD lingkup Sulbar, tokoh masyarakat dan tokoh masyarakat.

Hadir juga kepada Inspektorat Sulbar Suriadi sebagai narasumber dan anggota Satgas Saber Pungli Brigjen TNI Ganal Hario Putro dan Wakil Rektor II Unsulbar sebagai pembicara.

Penulis: Nurhadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help