TribunTimur/

Ini 7 Jenis Variasi Pelat Nomor yang Diincar Polisi. Kalau Kedapatan, Sanksinya Berat

Pasal 68 menjelaskan bahwa kendaraan bermotor wajib menggunakan TNKB yang memenuhi syarat bentuk, ukuran, bahan, warna, dan cara pemasangan.

Ini 7 Jenis Variasi Pelat Nomor yang Diincar Polisi. Kalau Kedapatan, Sanksinya Berat
Tribun Batam
Ilustrasi pelat nomor 

TRIBUN-TIMUR.COM - Tak hanya memodifikasi bagian eksterior dan interior, para pengendara kerap mengoprek model pelat nomor. Mulai dari ubah font huruf, menempel stiker, hingga menghapus sebagian angkanya.

Bagi Anda yang suka memodifikasi pelat nomor, baiknya segera kembalikan ke bentuk semula.

Pasalnya, polisi sedang gencar menindak pengguna kendaraan bermotor yang menggunakan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB), tidak sesuai dengan ketentuan. Mobil atau sepeda motor yang kedapatan memodifikasi pelat nomor, langsung ditilang.

Baca: Negara Gagal Lolos, 7 Pemain Bintang Ini Dipastikan Tak Tampil di Piala Dunia. No.1 dari Real Madrid

Mengacu pada Undang-Undang No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 68 menjelaskan bahwa kendaraan bermotor wajib menggunakan TNKB yang memenuhi syarat bentuk, ukuran, bahan, warna, dan cara pemasangan.

"Jika tidak sesuai akan dikenakan Pasal 280, yaitu denda paling banyak 500.000 atau kurungan dua bulan," kata Kepala Subdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Budiyanto kepada KompasOtomotif beberapa waktu lalu.

Baca: Kepala Seksi Kamnegtibum Kejati Sulselbar Puji Kinerja SAYANG

Pelat nomor yang diincar polisi, lanjut Budiyanto ada tujuh poin. Berikut ketentuan penggunaan TNKB yang tidak sesuai dengan aturan:

1. TNKB yang hurufnya diatur, angka diubah supaya terbaca,/angka diarahkan ke belakang sehingga terbaca nama.

2. TNKB yang hurufnya diubah seperti huruf digital.

Halaman
12
Editor: Sakinah Sudin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help