TribunTimur/
Home »

Gowa

Periksa Dini Kanker Mulut Rahim Kini Bisa di 24 Puskesmas di Gowa

Kanker payudara masih menjadi momok menakutkan bagi ibu-ibu, apalagi tingkat kematian akibat penyakit tersebut termasuk tinggi.

Periksa Dini Kanker Mulut Rahim Kini Bisa di 24 Puskesmas di Gowa
WAODE NURMIN/TRIBUN TIMUR
Ketua Tim Penggerak PKK Kab Gowa, Priska Paramita Adnan 

Laporan Wartawan Tribun Timur Wa Ode Nurmin

TRIBUN-TIMUR.COM,SUNGGUMINASA- Kanker payudara masih menjadi momok menakutkan bagi ibu-ibu, apalagi tingkat kematian akibat penyakit tersebut termasuk tinggi.

Itulah, dalam rangka peringatan Bulan Kanker Payudara Sedunia, PKK Gowa bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Gowa, Puskesmas Somba Opu dan BPJS mengajak masyarakat untuk periksa dini kanker payudara.

Ketua Tim Penggerak PKK Kab Gowa, Priska Paramita Adnan mengutarakan perempuan memiliki resiko besar terkena kanker disebabkan perubahan pola hidup saat ini.

"Untuk kanker payudara kita dapat memeriksa diri sendiri apakah ada benjolan di payudara. Saat pemeriksaan dan menemukan menjolan segera periksakan diri ke dokter," ajak Priska di Puskesmas Somba Opu Kabupaten Gowa, Selasa (10/10).

Selain kanker payudara, perempuan juga rentan dengan kanker mulut rahim, sehingga PKK Kabupaten Gowa sekaligus mengadakan pemerikasaan deteksi dini kanker mulut rahim melalui pemeriksaan Inspeksi Visual Dengan Asam Asetat (IVA)

"Tes dengan cara ini memiliki kelebihan karena kesederhanaan teknik dan kemampuan memberikan hasil yang segera kepada pasien. Pemeriksaan IVA disarankan bagi wanita dan memiliki keluhan pada alat kontrasepsi," tambah istri Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan itu

Kadis Kesehatan Kabupaten Gowa, dr Hasanuddin menjelaskan bahwa pemeriksaan IVA dapat dilakukan di puskesmas yang tersebar di 18 kecamatan yang ada di Gowa.

"Puskesmas yang di Gowa menerima pemeriksaan IVA, bahkan yang dulunya cuma enam puskesmas sekarang sudah dikembangkan menjadi 24 puskesmas," jelasnya.

Bersamaan dengan itu juga dilakukan penerimaan tim penilai puskesmas peduli kesehatan olahraga tingkat Prov Sulsel.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kawaidah Alham dan Camat Somba Opu Zubair Usman.

Penulis: Waode Nurmin
Editor: Ardy Muchlis
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help