TribunTimur/
Home »

Bisnis

» Makro

KPPU: Pelindo IV-KSOP Makassar Kaji Ulang Surat Edaran Terminal Curah Kering

Hasil dari surat edaran tersebut terus dijalankan, sembari menunggu kajian yang dilakukan keduanya.

KPPU: Pelindo IV-KSOP Makassar Kaji Ulang Surat Edaran Terminal Curah Kering
TRIBUN TIMUR/MUHAMMAD FADHLY ALI
kepala KPPU Sulsel, Ramli Simanjuntak 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Kepala Kantor Perwakilan Komite Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Sulsel, Ramli Simanjuntak telah melakukan klarifikasi dengan pihak Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama Makassar dan Pelindo IV terkait surat edaran No. 06/SE/01/IX/OP.Mks.17 tentang optimalisasi pemanfaatan fasilitas Terminal Curah Kering Pelabuhan Makassar.

"Saya sudah temui perwakilan keduanya. Yang jadi fokus kami pada surat edaran yakni tiap kapal yang sandar di Terminal Curah Kering melakukan kegiatan bongkar/muat barang curah diwajibkan menggunakan peralatan Harbour Mobile Crane (HMC) milik PT Pelindo IV," kata Ramli yang ditemui di kantornya Gedung Keuangan Negara Jl Urip Sumoharjo Makassar, Selasa (10/10/2017).

Menurut lelaki asal Medan itu, penggunaan kata wajib selayaknya perlu dipertimbangkan penggunaanya.

"Mereka sadar dan akan mengkaji ulang terkait kata-kata wajib tersebut. Hasilnya akan segera dilaporkan ke kami," ujar Ramli.

Namun, konsen KPPU lainnya yakni, ingin memastikan dan menjamin tidak ada kebijakan pemerintah yang mendistorsi sehingga muncul persaingan usaha tidak sehat.

"KSOP dan Pelindo IV setuju dengan itu. Kita akan gali, seperti apa konsesi Pelindo IV untuk mengelola terminal berdasarkan aturan, hak, dan kewajibannya," katanya.

Hasil dari surat edaran tersebut terus dijalankan, sembari menunggu kajian yang dilakukan keduanya.

"Monopoli sah-sah saja, tetapi yang tidak boleh praktek monopoli. Yang menghalangi pelaku usaha lainnya, tidak jujur dan merugikan konsumen," katanya. (*)

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help