TribunTimur/

CITIZEN REPORTER

Belajar Sistem Pendidikan Terbaik Dunia dari Finlandia

Tak lengkap rasanya membahas dan meneliti tentang pendidikan dasar kalau tidak memasukkan Finlandia.

Belajar Sistem Pendidikan Terbaik Dunia dari Finlandia
CITIZEN REPORTER
Ichsan Yasin Limpo, Mahasiswa Program PPs Unhas di lokasi penelitian, yakni Finlandia. 

Citizen Reporter, Ichsan Yasin Limpo, Mahasiswa Program PPs Unhas dari Finlandia

STUDI komparasi tentang pendidikan dasar di tujuh negara memasuki masa perampungan. Satu negara yang saya ikut usulkan untuk dijadikan lokasi penelitian, yakni Finlandia, kini dalam proses pengambilan data di beberapa lokasi yang menjadi sampel selama dua hari terakhir.

Finlandia, sengaja saya masukkan sebagai salah satu negara tujuan penelitian. Histori tentang negara ini yang pernah menjadi bangsa tertinggal dan termiskin sekira puluhan tahun lalu, menjelma menjadi negara yang sistem pendidikannya terbaik di dunia selama beberapa tahun belakangan.

Itu sebabnya, saya sangat antusias mempelajari lebih dalam tentang sistem pendidikan di negara yang terletak di Eropa ini.

Tak lengkap rasanya membahas dan meneliti tentang pendidikan dasar kalau tidak memasukkan Finlandia.

Dan semua ini, bukan semata-mata untuk mengejar gelar doktor saya semata. Lebih dari itu, sebagai anak bangsa ingin memberi konstribusi perbaikan kualitas pendidikan, demi generasi kita kelak.

Alhamdullillah, bersama istri tercinta Hj Novita Madonza Amu, saya berkesempatan menginjakkan kaki di Finlandia, terhitung mulai Senin (09/10/2017) sore waktu setempat.

Sebuah kebanggaan tersendiri, bisa berkunjung di negara ini, apalagi mendapat ruang bisa berinteraksi langsung dengan guru dan siswa di sekolah yang menjadi lokasi penelitian.

Termasuk sharing atau mendengar penyampaian dari pejabat berwenang tentang pendidikan di Helsinki Finlandia.

Dari studi komparasi ini, ada banyak hal bisa saya dapatkan, sekaligus semakin meyakinkan jika sangat tepat kalau Finlandia dijuluki sebagai negara terbaik untuk sistem pendidikannya.

Halaman
1234
Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help