TribunTimur/

CITIZEN REPORTER

Arisan, Cara Kawan Tuli Makassar Menabung

Dengan tabungan tersebut, mereka dapat membiayai sekolah anaknya. Selain dari itu, arisan para orang tuli sebagai ajang berkumpul.

Arisan, Cara Kawan Tuli Makassar Menabung
CITIZEN REPORTER
Kawan Tuli dari Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia(Gerkatin) menggelar pengundian arisan. 

Esa Ramadana

Alumni Universitas Hasanuddin

Melaporkan dari Makassar

TRIBUN-TIMUR.COM-Kawan Tuli dari Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia(Gerkatin) menggelar pengundian arisan. Pengundian terdiri dari arisan yang dikelola oleh Gerkatin Dewan Pengurus Daerah (DPD) Provinsi Sulawesi Selatan dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Kota Makassar.

Pengundian kali ini digabung di Sekretariat Gerkatin DPD Sulsel, jalan Sunu, Kota Makassar, Minggu, 8/10/2017. Adapun pemenangnya untuk tingkat DPD pada kelompok A dan B yaitu Mariani dan Iswandi. Berikut, tingkat DPC pada kelompok 1 dan 2, yaitu Afni dan Roby.

Ketua Gerkatin DPD provinsi Sulawesi Selatan Ramlah berkata arisan ini diadakan agar orang tuli juga mampu menabung. Dengan tabungan tersebut, mereka dapat membiayai sekolah anaknya. Selain dari itu, arisan para orang tuli sebagai ajang berkumpul.     

Ade Darmawangsa sebagai peserta punya alasan tersendiri untuk ikut dalam arisan. Ia menjelaskan bila namanya naik pada pengundian kali ini, maka uang itu akan ia pakai untuk jalan-jalan ke Bali.

Rincian peserta arisan DPD terbagi atas kelompok A dan B. Kelompok A berjumlah 16 orang dan kelompok A berjumlah 16 orang. Berikut, peserta arisan DPC terbagi atas kelompok 1 dan 2, dengan jumlah masing-masing kelompok yakni 34 orang dan 26 orang.

Adapun iuran arisan DPD untuk tiap kelompok beda. Kelompok A jumlah iuran yakni Rp.250.000/bulan dan kelompok B sejumlah Rp.150.000/bulan. Berikut, iuran arisan untuk DPC, masing-masing kelompok membayar sejumlah Rp.50.000/dua pekan. 

Pengundian arisan DPD berlangsung tiap bulan, dengan 2 nama yang keluar sebagai pemenang. Berikut pengundian arisan DPC dalam sebulan mengeluarkan 4 nama sebagai pemenang.

Lokasi pengundian tingkat DPC berlangsung sekali di sekretariat DPC dan sekali bergabung dengan lokasi pengundian tingkat DPD seperti yang terjadi kali ini. 

Penulis: CitizenReporter
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help