TribunTimur/

Tiap Bulan, Anggota DPRD Pangkep Terima Tunjangan Transportasi Sebanyak Ini

Dijelaskan pula, untuk tunjangan transportasi adalah harga sewa kendaraan yang berlaku setempat dan tidak termasuk biaya

Tiap Bulan, Anggota DPRD Pangkep Terima Tunjangan Transportasi Sebanyak Ini
munjiyah/tribunpangkep.com
Sejumlah anggota DPRD Pangkep saat menghadiri suatu acara beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPANGKEP.COM, PANGKAJENE - Sebanyak 32 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pangkep akan menerima tunjangan transportasi sesuai kajian dari Dinas Perhubungan Pemkab Pangkep.

Tunjangan transportasi masing-masing anggota dewan Rp 10 juta per orang.

Kepala Bidang Lalu Lintas  Angkutan Jalan dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan Pangkep, Dzulfadhli menjelaskan secara runut hal tersebut sesuai PP no 18 yang mengamanahkan untuk memperhatikan beberapa hal yaitu asas kepatutan, asas rasional dan standar harga setempat.

Dijelaskan pula, untuk tunjangan transportasi adalah harga sewa kendaraan yang berlaku setempat dan tidak termasuk biaya operasional dan pemeliharaan.

"Merujuk hal tersebut maka Dinas Perhubungan Pangkep membentuk penyusun analisis teknis tunjangan tranportasi. Uang transportasi itu sebagai kompensasi kendaraan dinas," kata Dzulfadhli di Pangkajene, Jumat (6/10/2017).

Hal-hal yang dilakukan oleh tim adalah mengkaji standar sarana dan prasarana kendaraan anggota dewan melalui peraturan Mendagri dan peraturan Menteri Keuangan.

Tentu hal tersebut merujuk pada standar kendaraan anggota dewan yakni minibus dengan kapasitas 2.000 cc setara Innova tahun 2017.

Lebih lanjut, kemudian tim menentukan sumber data harga sewa melalui e katalog LKPP,  perusahaan penyedia jasa sewa yang berbadan hukum dan peraturan Mentri Keuangan tentang standar biaya umum tahun 2017.

Kemudian, tim mengurangi harga sewa yang ada dengan mengurangi nilai operasional kendaraan oleh karena tunjangan tranportasi tidak termasuk biaya operasional.

Dia menambahkan, banyak hal yang mempengaruhi harga sewa kendaraan seperti harga on the road (otr) kendaraan, type kendaraan, merek kendaraan dan tahun kendaraan.

"Jadi dari hasil survei tim berdasar pada biaya tertinggi Peraturan Menteri Keuangan maka direkomendasikan harga sewa tunjangan transportasi berdasarkan e-katalog Rp 10 juta per orang setiap bulannya," jelasnya.

Dia menyebut, Rp 10 juta tersebut adalah nilai bruto sebesar 15 persen sehingga nilai netto yang diterima 32 anggota Pangkep'>DPRD Pangkep sebesar Rp 8 juta Rp 500 ribu.

Setelah harga sewa dikaji, selanjutnya sebagai legalitas akan di tetapkan dalam peraturan bupati yang tehnis penganggarannya ada pada Sekertaris Dewan.

Khusus untuk Ketua Pangkep'>DPRD Pangkep, Wakil Ketua 1 dan Wakil Ketua II Pangkep'>DPRD Pangkep tidak menerima karena sudah memiliki mobil dinas.

Penulis: Munjiyah Dirga Ghazali
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help