TribunTimur/
Home »

Luwu

Masih Banyak Warga Luwu Belum Punya e-KTP, Ini Kata Komisioner KPU

Menurut, hal itu harus segera ditindaki oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

Masih Banyak Warga Luwu Belum Punya e-KTP, Ini Kata Komisioner KPU
desy/tribunluwu.com
Komisioner KPU Luwu Divisi Perencanaan dan Data, Zulkifli 

TRIBUNLUWU.COM, BELOPA - Komisioner Luwu'>KPU Luwu Divisi Perencanaan dan Data, Zulkifli, menanggapi data 31.205 warga Kabupaten Luwu yang belum rekam Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik.

Menurut, hal itu harus segera ditindaki oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

Pasalnya KPU saat ini sudah memasuki masa tahapan menghadapi Pilkada serentak 2018 mendatang dan sudah menggelar launcing Pilkada serentak di kantor Luwu'>KPU Luwu, di Jl Jendral Sudirman, Kompleks Perkantoran, Kecamatan Belopa, Luwu, Sulsel, pada Kamis (5/10/2017).

Zul sapaan akrab Zulkifli, mengatakan Disdukcapil harus merampungkan data Daftar Pemilih Tetap (DPT) di bulan Desember 2017, dan November 2017 KPU sudah menerima Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (D4).

"Terakhir mereka (Dinas Dukcapil) itu harus rampungkan DPT bulan Desember. Bulan depan November KPU sudah terima Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4)," ujarnya, Jumat (6/10/2017).

DP4 ini merupakan data dasar KPU dalam melakukan pemutakhiran data, data DP4 ini akan dianalisis dan disandingkan dengan data yang tidak memenuhi syarat.

"Seperti data orang yang sudah meninggal dan mutasi itu tidak memenuhi syarat sebagai DPS. Kemudian nanti kamu akan memfaktualkan data tersebut dengan sistem coklit yang dibantu oleh PPDP. Barulah kemudian ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS)," jelas Zul.

Namun, lanjut Zul, jika 31.205 warga nantinya masih belum melakukan KTP el maka warga tersebut tidak memiliki hak suara.

Sesuai dengan aturan UU 10 Tahun 2016 dan PKPU 2 Tahun 2017 bahwa pemilih sebagaimana yang dimaksud berdomisili di daerah pemilihan yang dibuktikan dgn KTP elektronik atau surat keterangan penduduk atau telah melakukan rekam KTP el.

Zul sendiri nantinya akan turun bersama Dinas Dukcapil pada hari Senin (9/10/2017) untuk mengecek warga di Kecamatan Walenrang Barat dan Walenrang Utara yang belum melakukan perekaman.

Penulis: Desy Arsyad
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help