TribunTimur/
Home »

Gowa

ADD Gowa Tahap Kedua Cair, Totalnya Lebih dari Rp 100 M

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Pemkab Gowa Abdul Karim Dania yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

ADD Gowa Tahap Kedua Cair, Totalnya Lebih dari Rp 100 M
Google.com
Ilustrasi uang bantuan 

Laporan Wartawan Tribun Timur Wa Ode Nurmin

TRIBUN-TIMUR.COM,SUNGGUMINASA-Kabupaten Gowa menjadi satu-satunya daerah yang anggaran alokasi dana desa (ADD) sudah dicairkan. Pencairan itu sudah dilakukan pada awal bulan Agustus 2017 ini.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Pemkab Gowa Abdul Karim Dania yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

"Iya sudah cair, saya lupa tanggal berapa tapi bulan ini. Gowa memang daerah yang dana ADD nya sudah cari karena laporan realisasi fisik sudah rampung. Kita kan gunakan sistem Tata Kelola Keuangan Desa” (Simda) dari sistem BPKP," ujarnya saat dihubungi, Jumat (6/10/2017).

Selanjutnya untuk dicairkan ke tiap-tiap desa, Karim mengatakan masih dalam proses pengusulan pencairan ke BPMD untuk teknisnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pemerintahan Desa DPMD Sulsel Rais Rahman mengatakan, jumlah Alokasi dana desa (ADD) Kabupaten Gowa untuk tahap kedua sebesar Rp100,52 miliar. Dana itu akan dibagikan ke 121 desa.

"Sejauh ini baru satu daerah di Sulsel yang ADDnya sudah cair. Tapi kami optimistis target pencairan pada Oktober ini mampu diselesaikan," ujarnya.

Gowa menjadi daerah pertama untuk pencairan ADD tahap kedua. Hal ini disebabkan karena pelaporannya sudah rampung.

Menurutnya Untuk pencairan tahap kedua ini ada perubahan sistem pelaporan. Dimana sudah harus memasukkan realisasi fisik.

Sebelumnya hanya memasukkan realisasi keuangan saja 60%. Perubahan sistem pelaporan inilah yang diduga menjadi penyebab agak lambatnya laporan pertanggungjawaban dari desa.(*)

Penulis: Waode Nurmin
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help