TribunTimur/

Wah, Smartphone Pixel 2 dan Pixel 2 XL Tak Perlu Pakai Kartu SIM, Tapi Pakai Ini

Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL menjadi smartphone pertama yang bisa digunakan berkomunikasi tanpa kartu SIM

Wah, Smartphone Pixel 2 dan Pixel 2 XL Tak Perlu Pakai Kartu SIM, Tapi Pakai Ini
Google Pixel 2 XL dan Pixel 2 

TRIBUN-TIMUR.COM - Perusahaan multinasional asal Amerika Serikat, Google, terus berinovasi. Selama ini, Google sudah mengeluarkan beragam produk jasa dan produk Internet seperti teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring.

Nah, yang terbaru Google meluncurkan smartphone Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Dua produk ini diperkenalkan secara resmi pada Rabu (4/10/2017) siang waktu AS, atau Kamis (5/10/2017) dini hari WIB. 

Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL menjadi smartphone pertama yang bisa digunakan berkomunikasi tanpa kartu SIM. Sebagai gantinya, Google menyematkan eSIM untuk memverifikasi akun selular pengguna.

Baca: Wow, 5 Tahun Tabung Receh di 10 Galon, Suami Istri Kaget dengan Jumlahnya. Puluhan Juta?

Syaratnya, pengguna merupakan pelanggan alias subscriber Project Fi, yakni mobile virtual network operator (MVNO) dari Google yang menyediakan layanan telepon, SMS, dan internet. Layanan itu dibuat atas kerja sama Google dengan berbagai operator seluler di seluruh dunia.

Hingga kini belum ada smartphone yang menggunakan standar eSIM. Teknologi mutakhir tersebut baru saja diimplementasikan Apple pada Watch generasi ketiga.

“Ini artinya Anda tak perlu lagi ke toko untuk membeli kartu SIM. Terkoneksi dengan layanan eSIM secepat mengoneksikan ponsel Anda dengan Wi-Fi,” kata Product Manager Product Fi Google, Joy Xi.

Baca: HUT 72 TNI - Siapa Bilang Tentara Harus Garang? Lihat Foto Ini, Dijamin Klepek-klepek

Mengoneksikan eSIM ke jaringan Project Fi di Pixel 2 maupun Pixel 2 XL bisa dilakukan melalui Google Store. Jika selama ini sudah menjadi pelanggan Project Fi, maka cukup aktifkan di duo perangkat teranyar.

Ada pilihan “SIM-free” di pengaturan untuk diklik, lantas Google akan mengaturkan koneksi untuk Anda via Project Fi, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (5/10/2017) dari TheVerge.

Halaman
12
Editor: Sakinah Sudin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help