TribunTimur/

Enjoy Celebes Tribun Timur 2017

Menjejaki Semenanjung Pantai Marumasa Bulukumba

di lokasi ini pengunjung bisa melakukan aktivitas menyelam seperti snorkeling dan diving untuk menikmati keindahan dunia bawah air

Menjejaki Semenanjung Pantai Marumasa Bulukumba
Pengunjung Pantai Marumasa di Desa Darubiah, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, duduk bersantai di atas tebing pantai setempat. Obyek wisata bahari ini berjarak 4 kilometer dari Pantai Tanjung Bira dan 40 km jika dari pusat kota Bulukumba 

BULUKUMBA ibarat semenanjung pantai yang eksotik yang berada di ujung kaki Pulau Sulawesi. Dimana setengah luas wilayah berbatasan dan menjorok ke lautan.
Di sisi timur, perairan Bulukumba menghadap Teluk Bone sedangkan di sisi selatan terdapat Teluk Birangkeke dan Laut Flores.

Tak heran jika Bulukumba berjuluk Bumi Panrita Lopi (tanah pelaut dan ahli pembuat perahu) karena faktor geografis yang sebagian besar dikelilingi perairan dan memiliki ikon populer dengan Perahu Phinisi-nya yang mendunia.

wisata pantai dan tebing marumasa bulukumba
wisata pantai dan tebing marumasa bulukumba ()

Pantai Tanjung Bira hanyalah satu dari sederet destinasi wisata bahari yang dimiliki kabupaten yang berjarak 153 kilometer dari Makassar, ibu kota Provinsi Sulsel, ini.
Sejumlah destinasi serupa bahkan tak kalah eloknya “terselubung” di jazirah bagian selatan hingga timur Bulukumba yang belum banyak diketahui oleh wisatawan, salah satunya Pantai dan Tebing Marumasa.

Baca: Menjejaki Titik Nol Kilometer di Ujung Kaki Sulawesi

Objek wisata ini berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat kota di Bulukumba yang bisa dijangkau menggunakan kendaraan darat baik motor maupun mobil. Waktu tempuh hanya berkisar satu jam. Jika dari Pantai Tanjung Bira, jaraknya hanya sekitar 4 km.

Keelokan pantainya terlihat dengan hamparan pasir putih di atas pantai yang luas dan memanjang. Udaranya pun aduhai sejuk dan teduh dengan keberadaan jejeran pepohonan kelapa yang tumbuh subur nan lebat.

wisata pantai dan tebing marumasa bulukumba
wisata pantai dan tebing marumasa bulukumba ()

Kawasan Pantai Marumasa kian eksotik karena memiliki gugusan tebing cadas yang asyik dijadikan lokasi swafoto para pengunjung.
Beberapa spot swafoto pun bisa dijumpai di atas tebing tersebut dengan latar lautan lepas di Teluk Bone.

Baca: Puncak Pua Janggo, Spot Selfie Favorit di Bira

Snorkeling
Bukan hanya itu, di lokasi ini pengunjung bisa melakukan aktivitas menyelam seperti snorkeling dan diving untuk menikmati keindahan dunia bawah air yang memiliki aneka jenis terumbu karang dan ikan laut.

wisata pantai dan tebing marumasa bulukumba
wisata pantai dan tebing marumasa bulukumba ()

Untuk menikmati kegiatan tersebut, pengunjung akan dipandu oleh tim penyelaman dari Komunitas Lalabata Tebing Marumasa.

Kawasan pesisir Pantai Marumasa dijadikan warga setempat sebagai lokasi pembuatan perahu dan kapal Phinisi. Konon, nama Marumasa berasal dari pemberian warga asal Jepang yang berkunjung ke daerah itu.

Baca: Ingin Tebang Pohon Pisang, Warga Bulukumba Digigit Monyet

Objek wisata Marumasa pertama dipopulerkan oleh seorang pemuda setempat bernama Icuk Sugiarto setahun lalu. "Februari tahun 2017 lalu kami mulai buka objek ini dan mulai populerkan melalui media sosial," Icuk kepada tim traveling Enjoy Celebes Tribun Timur, akhir September 2017.

wisata pantai dan tebing marumasa bulukumba
wisata pantai dan tebing marumasa bulukumba ()

Pantai Marumasa berlokasi di Desa Darubiah, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. Berjarak 4 kilometer dari Pantai Tanjung Bira sedangkan jika dari dari pusat kota Bulukumba berjarak 40 kilometer.

Obyek wisata ini bisa dijangkau dengan motor dan mobil dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Tarif masuk pengunjung dihitung berdasarkan kendaraan alias biaya parki kendaraan saja yaitu Rp 20 ribu per mobil dan Rp 5000 per motor.(*)

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Ridwan Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help