TribunTimur/

CITIZEN REPORTER

Mahasiswa Pascasarjana IPB Sulselbar Diajar Menulis dan Pakai Endnote

Pelatihan ini dilaksanakan di Gedung B Departemen Sains Komunikasi Pengembangan Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor (IPB)

Mahasiswa Pascasarjana IPB Sulselbar Diajar Menulis dan Pakai Endnote
CITIZEN REPORTER
Mahasiswa Pascasarjana IPB asal Sulselbar mengikuti pelatihan menulis dan endnote, Minggu (1/10/2017) 

Riza Darma Putra

Ketua Umum Rumana IPB Sulselbar
Melaporkan dari Bogor Jawa Barat

TRIBUN-TIMUR.COM-“Menulis adalah bekerja untuk keabadian”. Begitulah kata-kata Pramudya Ananta Toer yang dikutip oleh blogger Yusran Darmawan saat memberi motivasi pada peserta pelatihan yang dilaksanakan Forum Mahasiswa Pascasarjana Sulawesi Selatan dan Barat (Rumana IPB Sulsebar), Minggu (1/10/2017) kemarin.

Pelatihan ini dilaksanakan di Gedung B Departemen Sains Komunikasi Pengembangan Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor (IPB), Kampus Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Yusran Darmawan memberikan arahan bagaimana kiat menulis yang jitu. Dalam pelatihan itu, alumnus Ohio University itu juga menceritakan kisah penulis hebat dalam melahirkan tulisan mereka. Ia juga berbagi kisah dimana dirinya memulai menulis yang awalnya bermodalkan iseng.

Lebih lanjut Kandidat doktor S3 Komunikasi pembangunan IPB ini menambahkan acapkali kita menulis tidak adil terhadap tulisan kita.

“Belum apa-apa kita sudah memberikan beban berat pada tulisan. Padahal tulisan itu harus dibiarkan apa adanya agar kita mampu menemukan bentuknya,"katanya.

Di akhir materinya penulis buku Kopi Sumatera di Amerika ini juga berbagi kiat menulis yang baik dan memotivasi bahwa setiap orang akan menemukan caranya sendiri dalam menulis.

Sesi pelatihan Rumana IPB Sulselbar dilanjutkan dengan materi Endnote. Endnote adalah software yang membantu penulis itu menyusun kepustakaan pada tulisan ilmiah.

Tampil sebagai instruktur adalah Setiawan Putra Syah, kandidat doktor di bidang Peternakan IPB asal Sulawesi Selatan. Alumnus peternakan Unhas ini memberikan metode praktis untuk menggunakan endnote.

Iyo, demikian ia biasa disapa juga mengajarkan bagaimana melakukan penelusuran karya ilmiah dan bagaimana memasukkannya pada daftar pustaka.

Baginya, endnote memberikan kemudahan pada penulis karya ilmiah untuk mengelaborasi hasil penelusuran karya dan bagaimana melakukan pengutipan serta menghindari plagiasi.

Sementara itu ketua Panitia Pelatihan Penulisan dan Endnote Rumana IPB Sulselbar M Alif Bachmid mengatakan kegiatan ini merupakan tindaklanjut kegiatan tudang sipulung Rumana bulan lalu.

Pada tudang sipulung mahasiswa asal Sulsebar mengusulkan pelatihan penulisan dan endnote. Atas dasar itu Rumana mengadakan pelatihan yang berlangsung selama sehari ini.

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan IPB ini menjelaskan Rumana juga akan menindaklanjuti kegiatan pelatihan hari ini dengan pelatihan lanjutan.

"Kegiatan ini diharapkan menjadi agenda rutin Rumana yang nantinya mampu mewadahi kebutuhan mahasiswa pasca IPB asal sulawesi Selatan dan Barat,"ujarnya.(*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help