TribunTimur/
Home »

Techno

» Apps

Line Ciptakan Speaker Pintar, Bisa Diajak Ngobrol Loh. Cek Kecanggihan Lainnya Di Sini

Presentasi Clova di acara tersebut sekaligus mengenalkan Line Wave, yakni speaker pintar yang dapat berkomunikasi dua arah dengan penggunanya.

Line Ciptakan Speaker Pintar, Bisa Diajak Ngobrol Loh. Cek Kecanggihan Lainnya Di Sini
Youtube.com
Potongan video iklan Line Wave. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Line kini tidak saja fokus pada aplikasi chat. Lebih dari itu, Line semakin serius menggarap teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Ini akan menjadi salah satu teknologi penting yang akan dikembangkan oleh Line di masa depan.

Sejak tahun lalu, Line mengerjakan proyek AI yang diberi nama Cloud-based Virtual Assistant (Clova). Awal tahun ini, tepatnya Maret 2017, Clova diperkenalkan kepada publik dalam ajang Mobile World Congress di Jerman.

Taiichi Hashimoto, Manager of the Virtual Assistant Development Team at Line Corporation, mempresentasikan Line Wave dalam acara Line Developer Day 2017 di Shibuya, Tokyo, Jepang, Kamis (28/9/2017).(KOMPAS.com/LAKSONO HARI WIWOHO)
Taiichi Hashimoto, Manager of the Virtual Assistant Development Team at Line Corporation, mempresentasikan Line Wave dalam acara Line Developer Day 2017 di Shibuya, Tokyo, Jepang, Kamis (28/9/2017).(KOMPAS.com/LAKSONO HARI WIWOHO) ()

Presentasi Clova di acara tersebut sekaligus mengenalkan Line Wave, yakni speaker pintar yang dapat berkomunikasi dua arah dengan penggunanya. Line Wave inilah yang terhubung dengan sistem Clova di jaringan awan.

Baca: Saat Rahmat Terpergok Pakai Kelamin Palsu, Motor dan Uang Melayang, Keperawanan Syarifah Terenggut

Pengguna Line Wave dapat memerintah asisten digital tersebut melalui suara, misalnya untuk mengirim pesan dengan Line Chat, membacakan berita atau perkiraan cuaca, hingga mematikan lampu kamar tidur di kamar.

Pada Agustus 2017, Line Wave dipasarkan dengan sistem pre-order, khusus di Jepang. Sebulan kemudian, speaker tersebut telah dikirimkan kepada pemesannya.

Saat ini Line juga tengah memproduksi peranti serupa yang didesain dengan karakter khas Line, yakni Champ Sally dan Champ Brown.

Taiichi Hashimoto, Manager of the Virtual Assistant Development Team at Line Corporation, mempresentasikan Line Champ Sally dan Brown dalam acara Line Developer Day 2017 di Shibuya, Tokyo, Jepang, Kamis (28/9/2017).(KOMPAS.com/LAKSONO HARI WIWOHO)
Taiichi Hashimoto, Manager of the Virtual Assistant Development Team at Line Corporation, mempresentasikan Line Champ Sally dan Brown dalam acara Line Developer Day 2017 di Shibuya, Tokyo, Jepang, Kamis (28/9/2017).(KOMPAS.com/LAKSONO HARI WIWOHO) ()

Line juga bekerja sama dengan Vinclu, yang menciptakan asisten digital Gatebox berbasis Clova. Gatebox ini memiliki keunikan karena tidak sekadar berkomunikasi via suara, tetapi juga menampilkan hologram animasi tiga dimensi berkarakter wanita.

Kini Line mulai menggenjot pertumbuhan Clova, yang menjadi "otak" pengolah data yang dikirim oleh asisten digital tadi.

Taiichi Hashimoto, Manager of the Virtual Assistant Development Team at Line Corporation, mengungkapkan masih banyak hal dan feature yang bisa dikembangkan untuk Clova. Karena itu, dalam acara Line Developer Day 2017 di Shibuya, Tokyo, Jepang, Kamis (28/9/2017), Line mengajak para developer dari berbagai negara untuk bersama-sama mengulik kemampuan kecerdasan buatan ini.

Halaman
12
Editor: Sakinah Sudin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help