TribunTimur/

Wow, Warga Jepang Inden Honda CBR250RR Asal Indonesia

Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran AHM, mengatakan, kalau produk yang diproduksi di dalam negeri ini mendapat respons positif di negara asal.

Wow, Warga Jepang Inden Honda CBR250RR Asal Indonesia
Honda All New CBR250RR saat akan dicoba di Bridgestone Proving Ground, Karawang, Jawa Barat,(KompasOtomotif-Donny Apriliananda) 

TRIBUN-TIMUR.COM - Sejak diperkenalkan di depan publik pada Juli 2016 lalu, sport faring Honda CBR250RR disebut sebagai produk global yang dibuat di dalam negeri. Artinya, Indonesia sebagai basis produksi yang berpotensi untuk di ekspor.

Namun, CBR250RR yang diekspor Astra Honda Motor (AHM) masih didominasi untuk Jepang saja. Sementara daerah lainnya belum disebut oleh pihak PT AHM.

Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran AHM, mengatakan, kalau produk yang diproduksi di dalam negeri ini mendapat respons positif di negara asal. Sejak awal diluncurkan, sepanjang kuartal satu, sampai kedua, pemesanannya menumpuk, bahkan sampai inden.

Baca: Daihatsu Resmikan Local Training Center di Makassar, Bisa untuk Latihan Guru SMK

“CBR250RR ini sangat merebut animo dan diakui oleh para konsumen Jepang, bahkan dalam waktu 3 hari inden mencapai ribuan konsumen, dan harus menunggu sampai dengan akhir tahun,” ujar Thomas kepada KompasOtomotif, Jumat (22/9/2017).

Thomas menambahkan, soal pasar di luar negeri, Jepang merupakan wilayah yang potensi segmen sport-nya masih berkembang dan stabil. “Dalam waktu satu bulan, produksi CBR250RR di Jepang mencapai 400 unit,” ucap Thomas.

Pengiriman ekspor CBR250RR ke Jepang, disebut Thomas dalam kondisi terurai penuh (completely knocked down/CKD). Pantas saja, angka ekspor (CKD) tidak tercantum di dalam data distribusi Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI).

Baca: Pendaftaran CPNS 2017 Tutup Malam Ini, Hanya 2 Pelamar Bersaing di Instansi Ini

“Untuk ekspor CBR250RR, sejak dari awal dikirm dalam bentuk CKD ke Jepang, bukan dalam bentuk CBU. Ini karena disesuaikan dengan peraturan masing-masing negara tujuan,” ucap Thomas.

Jika di Jepang sedang bergairah, berbanding terbalik dengan yang ada di pasar Indonesia, melemah sampai 17 persen. Bahkan diprediksi akan terkoreksi sampai akhir 2017. (*)

Berita ini sudah diterbitkan di Kompas.com dengan judul Di Jepang, Honda CBR250RR Asal Indonesia Inden

Editor: Sakinah Sudin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help