Perkenalkan Iqbal, Tour Guide Berlisensi Termuda di Sulsel, Mahasiswa UIN Alauddin Makassar

Saat ini, pemuda kelahiran 30 Mater 1998 tersebut, menjadikan profesi guide sebagai sumber uang jajan dan uang kuliahnya.

Perkenalkan Iqbal, Tour Guide Berlisensi Termuda di Sulsel, Mahasiswa UIN Alauddin Makassar
munawwarah ahmad
Iqbal menjadi tour guide Turis asal Australia di Benteng Roterdam 

Laporan Waetawan Tribun Timur Munawwarah Ahmad

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-Menjadi seorang guide untuk turis di Sulawesi Selatan khususnya Makassar, tentu bukanlah perkara mudah. Butuh kemampuan berbahasa yang baik.

Khususnya Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional. Mengingat banyaknya turis dari mancanegara yang berdatangan di Makassar, utamanya di Fort Roterdam setiap akhir pekannya.

Begitu pula yang dirasakan oleh Iqbal, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) semester 5 Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Iqbal yang ditemui di Benteng Roterdam saat bertugas menjadi guide untuk ratusan turis yang hadir, Minggu (24/9/2017) mengaku kesulitan diawal kali berbicara dengan bule'.

"Awalnya saya sulit mengerti apa yang mereka maksud, tapi seperti bapak saya (guide senior) bilang, seringlah berbicara, akhirnya saya paham apa yang mereka maksud,termasuk lancar berbahasa Inggris,"kata Iqbal usai mengantar Bule' berkeliling di Fort Roterdam.

Saat ini, pemuda kelahiran 30 Mater 1998 tersebut, menjadikan profesi guide sebagai sumber uang jajan dan uang kuliahnya.

Lumayan kata dia, seharian di Benteng Roterdam, dia bisa memeroleh uang hingga Rp 300 ribu. Apalagi saat ini, Iqbal menjadi tour guide berlisensi resmi termuda di Sulawesi Selatan.

"Dulu ketika belum berlisensi Guide, sedikit sekali saya dapat. Seiklasnya Bule aja memberi. Tapi setelah punya lisensi dengan serangkaian tesnya yang rumit, saya kemudian bisa memasang tarif untuk setiap kali pengantaran," lanjut Iqbal.

Atas pengalamannya mengantar Bule' tersebut, kini Iqbal yang duduk di semester 5 tersebut, bisa menangkap atau mengerti setiap bahasa Inggris yang dilontarkan oleh bule. Meski menggunakan aksen atau logat sekelas Skotlandia, Manchester dan New Castle sekalipun yang terbilang cepat sekali dalam bertutur.

Selain jago berbahasa Inggris karena keseringannya menjadi guide untuk turis mancanegara di Makassar, Iqbal juga melengkapi ilmunya dengan banyak menonton you tube yang menampilkan penutur asli bahasa Inggris. Salah satu yang paling digemarinya yaitu stand up komedi dari Inggris dan Amerika.

"Sumpah,saya tidak paham apa yang mereka bilang, tapi Iqbal ngakak dan paham apa isi stand up di You Tube tadi,"kata salah satu teman Iqbal Dila yang saat ini mempelajari pola belajar Iqbal.

Meski jago bahasa Inggris, tapi sama sekali tak ada keinginan Iqbal untuk kuliah di Luar Negeri.

"Saya tidak mauji kuliah di Luar Negeri. Tapi saya mau jalan-jalan kemana pun dengan profesi Guide saya. Kita liat aja nanti,"tutup Iqbal.(*)

Penulis: Munawwarah Ahmad
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved