TribunTimur/

Biaya Pembuatan SIM D Paling Murah, Namun Tahukah Anda untuk Siapa SIM Itu?

Mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016, tarif baru pembuatan SIM D lebih murah ketimbang golongan SIM lainnya.

Biaya Pembuatan SIM D Paling Murah, Namun Tahukah Anda untuk Siapa SIM Itu?
internet
Ilustrasi SIM D

TRIBUN-TIMUR.COM - Memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah keharusan bagi para pengendara bermotor. SIM A dan SIM C tentu sudah sering Anda dengar.

Namun tahukah Anda, bahwa saat ini kepolisian saat ini sedang mempromosikan lagi pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk masyarakat penyandang disabilitas. SIM buat kelompok masyarakat itu digolongkan khusus yaitu D.

Baca: MotoGP Aragon - Dani Pedrosa Komplain Gaya Balap Rossi. Eh, The Doctor Malah Bilang Begini

Bisa jadi belum banyak yang tahu, penyandang disabilitas diperbolehkan mengendarai sepeda motor khusus di jalan raya asal mengantongi SIM D. Hal itu diatur Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Persisnya ada pada Pasal 80 tentang bentuk dan penggolongan SIM. SIM D Berlaku untuk mengemudikan kendaraan khusus bagi penyandang cacat.

Baca: Dalam Tempo 8 Bulan, 471 Pasangan Ajukan Cerai di PA Masamba

Syarat dasar untuk mendapatkannya sama seperti golongan SIM A dan C. Pemohon harus berusia lebih dari 17 tahun dan memenuhi syarat adiministratif, kesehatan, serta lulus uji teori dan praktek. Lalu memiliki penglihatan dan pendengaran normal.

Walau sebagian besar serupa, alat uji praktek untuk SIM D berbeda dengan SIM C, yaitu berupa kendaraan khusus sepeda motor beroda tiga. Sementara lokasi pengujiannya di tempat yang sama dengan SIM A dan C.

Mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016, tarif baru pembuatan SIM D lebih murah ketimbang golongan SIM lainnya. Biaya penerbitan SIM D sebesar Rp 50.000 sedangkan untuk perpanjangan Rp 30.000. (*)

Berita ini sudah diterbitkan di otomania.com dengan judul Apa Itu SIM D?

Baca: Antisipasi Peredaran Obat PCC, Polsek Moncongloe Maros Sidak Sekolah

Editor: Sakinah Sudin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help