TribunTimur/
Home »

Opini

opini

Dibuka Pendaftaran CPNS Lingkup MA, Ini Kritikan Sarjana Hukum Lulusan UMI

Khusus formasi lulusan terbaik, sebanyak 1.135 peserta dari formasi pengadilan umum; 217 peserta dari pengadilan agama; 51 peserta dari PTUN.

Dibuka Pendaftaran CPNS Lingkup MA, Ini Kritikan Sarjana Hukum Lulusan UMI
handover
Damang Averroes Al-Khawarizmi 

Anomali Perekrutan Calon Hakim

Oleh: Damang SH MH.
Alumni PPs Hukum UMI

DI TENGAH perdebatan berkepanjangan status jabatan hakim sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) ataukah pejabat negara.

Akhirnya pemerintah memutuskan untuk melakukan perekrutan calon-calon hakim (cakim) melalui jalur CPNS.

Usai pembukaan pendaftaran secara online calon hakim (candidatues iudices) selama hampir sebulan penuh kemarin (1 - 27 Agustus 2017), kini berdasarkan pengumuman yang disampaikan Panitia Seleksi (Pansel) CPNS pada Mahkamah Agung (MA) menyatakan bahwa yang lolos seleksi administrasi sebanyak 25.357 peserta dari 30.715 pendaftar.

Adapun perincian dari jumlah peserta yang dinyatakan lulus administrasi tersebut yaitu: 17.369 peserta dari formasi pengadilan umum; 5.452 peserta dari pengadilan agama; 1.036 peserta dari Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Sebanyak 11 peserta pilihan formasinya tidak terekam.

Khusus formasi lulusan terbaik, sebanyak 1.135 peserta dari formasi pengadilan umum; 217 peserta dari pengadilan agama; 51 peserta dari pengadilan TUN; dan sebanyak 1 peserta pilihan formasinya tidak terekam.

Sementara formasi putra/putri Papua dan Papua Barat sebanyak 72 peserta pengadilan umum; 11 peserta pengadilan agama; dan 2 peserta PTUN.

Anomali Cakim
Tingginya angka pendaftar calon hakim 2017 seolah membuka mata dan telinga kita semua bahwa disaat kredibilitas hakim di negeri yang semakin jatuh di titik nadir, animo untuk memegang amanat keadilan dan titah Tuhan di muka bumi tiadalah pernah surut.

Tetap ada ribuan anak manusia, ialah generasi keadilan yang mau mengadu kompetensi dan integritas di hadapan Panitia Seleksi.

Tak tanggung-tanggung, karena kuantitas cadidatues iudices melebihi ekspektasi dari kuota yang disediakan (1648 orang), maka tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pun digelar dalam waktu 5 hari bagi semua candidatues yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi (18 – 22 September 2017).

Halaman
123
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help