TribunTimur/

Selayar Dapat Rp 17,M dari Hasil Pajak

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendapatan Wilayah Selayar menggelar sosialisasi pajak daerah di Rayhan Resto and Coffee, Selayar, Selasa (19/9/2017).

Selayar Dapat Rp 17,M dari Hasil Pajak
HANDOVER
Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel Tautoto menyempatkan diri bertemu dengan Bupati Selayar Basli Ali di sela-sela kunjungannya ke Selayar.

TRIBUN-TIMUR.COM, SELAYAR-Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendapatan Wilayah Selayar menggelar sosialisasi pajak daerah di Rayhan Resto and Coffee, Selayar, Selasa (19/9/2017). Acara sosialisasi ini dihadiri seratusan peserta yang berasal dari berbagai daerah di Sulsel.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel Tautoto TR mengatakan, sosialisasi pajak daerah ini digelar untuk memperkenalkan dan memberikan pemahaman mengenai pajak daerah yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi dan kontribusinya pada pembangunan di Kabupaten Selayar.

“Kami harap aparat pemerintah mulai Kecamatan hingga desa dan kelurahan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat di wilayahnya sehingga dapat meningkatkan penerimaan pendapatan daerah,” katanya dalam rilisnya yang diterima TribunSelayar.com, Selasa (19/7/2017).

Mantan Plt Bupati Soppeng ini meminta masyarakat untuk aktif membayar pajak kendaraan karena pajak tersebut akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk pembangunan infrastruktur, fasilitas kesehatan, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Dia menjelaskan, pajak yang dikelola provinsi terdiri dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Pajak Air Permukaan (PAP), Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) dan pajak Rokok.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Selayar juga mendapatkan dana bagi hasil (DBH). PKB dan BBNKB dialokasikan sebesar 30 persen untuk kabupaten dan kota, dana bagi hasil yang bersumber dari PBBKB dan Pajak Rokok juga dialokasikan sebesar 70 persen untuk kabupaten dan kota.

Pada tahun 2016 Pemkab Selayar mendapatkan DBH dari Bapenda Sulsel sebesar Rp 23,9 miliar. Dan hingga Agustus 2017 Pemkab Selayar sudah menerima DBH sebesar Rp 17,2 miliar yang jumlahnya akan terus meningkat. (*)

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help