Mau Urus SKCK? Biar Tak Bolak-Balik, Ini Dokumen yang Harus Anda Bawa

Pemohon juga harus menyiapkan uang tunai senilai Rp 30 ribu untuk pengurusan SKCK sesuai PP nomor 60 tahun 2016.

Mau Urus SKCK? Biar Tak Bolak-Balik, Ini Dokumen yang Harus Anda Bawa
azis albar/tribunenrekang.com
Suasana pengurusan SKCK di Mapolres Enrekang, Kelurahan Puserren, Kabupaten Enrekang, Sulsel, Selasa (19/9/2017). 

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com, Muh Azis Albar

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG - Ingin mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Enrekang'>Polres Enrekang? Penting kiranya untuk melengkapi lampiran berkas agar tak bolak-balik rumah ke polres hanya karena berkas masih kurang.

Kasat Intel Enrekang'>Polres Enrekang, Iptu Wily Yustisio, Selasa (19/9/2017) mengatakan dokumen yang harus dilengkapi untuk pengurusan SKCK adalah surat rekomendasi dari Polsek setempat, foto copy e-KTP, dan pas foto 4x6 cm berlatar merah.

Pemohon juga harus menyiapkan uang tunai senilai Rp 30 ribu untuk pengurusan SKCK sesuai PP nomor 60 tahun 2016.

Dikatakan, dokumen merupakan hal yang wajib dipenuhi pemohon agar SKCK bias diproses dan diterbitkan. “Kalau ada yang kurang tidak bias diproses,” ujar Iptu Wily di Mapolres Enrekang, Kelurahan Puserren, Kecamatan Enrekang, Sulsel.

Menurutnya, ada beberapa pemohon membawa berkas yang kurang lengkap sehingga harus bolak balik melengkapi berkasnya.

Untuk itu pihaknya meminta agar masyarakat yang hendak mengurus SKCK agar membawa dokumen yang dibutuhkan untuk pengurusan SKCK. Apalagi saat ini pemohon terus meningkat lantaran adanya penerimaan CPNS dan Panwascam.

Adapun persyaratan pengurusan SKCK di Mapolres Enrekang, untuk pembuatan SKCK baru harus melampirkan foto copy e-KTP 1 lembar, foto copy kartu keluarga 1 lembar, pas foto 4x6 cm latar merah 4 lembar, rumus sidik jari (di Mapolres Enrekang), dan rekomendasi dari Polsek Setempat

Sementara untuk perpanjangan SKCK melampirkan foto copy e-KTP 1 lembar, foto Copy SKCK lama 1 lembar (masa berlaku belum berakhir), dan pas poto 4x6 cm (latar merah) 3 lembar.

Selain persyaratan di atas, pemohon juga disarankan menyiapkan delapan lembar pas foto latar merah karena nanti akan diminta pula foto dua lembar di polsek dan dua lembar di bagian sidik jari.(*)

Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved