TribunTimur/
Home »

Opini

opini

Sambut Pilkada 2018, Ini Saran untuk Kapolda Sulsel

Terdapat dua catatan yang harus diperhatikan Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono sebagai pucuk pimpinan Korps Bhayangkara di Sulsel.

Sambut Pilkada 2018, Ini Saran untuk Kapolda Sulsel
handover
Dr Amir Ilyas SH MH 

Oleh: Amir Ilyas
Dosen Hukum Pidana Unhas

Gelombang pilkada serentak 2018 akan menjadi ujian berat bagi Korps Bhayangkara. Ujian ini amat terasa, khusus di Sulawesi Selatan, karena akan diselenggarakan pemilihan di tiga tingkatan: provinsi, kabupatan dan kota.

Ada 12 kota dan kabupaten di Sulsel tersebut yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah plus Pemilihan Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan.Ke-12 kota dan kabupaten itu adalah: Makassar, Palopo, Parepare, Jeneponto, Bantaeng, Sinjai, Bone, Wajo, Sidrap, Pinrang, Enrekang, dan Luwu.

Jadi, ada 13 titik di Pilkada 2018 nanti yang akan menjadi ajang pembuktian mampu tidaknya Korps Bhayangkara dalam fungsi kamtibmasnya, bisa dikatakan sukses mengawal pilkada berjalan dengan baik.

Selain itu, Korps Bhayangkara dituntut pula pastinya dalam wilayah penegakan hukum atas kejahatan atau tindak pidana yang terjadi di tiap tahapan Pilkada.

Dua Catatan
Terdapat dua catatan yang harus diperhatikan Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono sebagai pucuk pimpinan Korps Bhayangkara di Sulsel.

Pertama, terkait dengan fungsi kamtibmas kepolisian, maka jajarannya harus lebih teliti dan cermat untuk menelaah daerah-daerah mana saja yang rawan konflik saat pilkada dihelat.

Rawan tidaknya suatu daerah dari gangguan konflik, banyak faktor determinan yang menentukan. Salah satunya yakni faktor kultur suatu daerah dapat menjadi indikator bahwa di daerah tersebutlah, harus diupayakan pengamanan penuh manakalah tahapan pilkada sudah dimulai.

Berdasarkan rekam jejak dan atensinya kepada publik, Irjen Pol Muktiono dan jajarannya telah memiliki akurasi data yang lumayan, cukup dengan membuka kembali data daerah mana saja yang dilanda konflik saat-saat pilkada dihelat pada periode sebelumnya.

Termasuk dapat pula memperhatikan angka kriminalitas di beberapa daerah yang akan melaksanakan Pilkada di 2018 mendatang.

Halaman
123
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help