TribunTimur/
Home »

Maros

Banyak Ditemukan Obat Daftar G, Granat Maros Curiga Sulsel Sebagai Produsen

DPC Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Maros menyatakan, Sulsel darurat Narkoba dan penyalahgunaan obat lainnya.

Banyak Ditemukan Obat Daftar G, Granat Maros Curiga Sulsel Sebagai Produsen
ANSAR/TRIBUN TIMUR
Ketua DPC Granat Maros, Muh Bakri 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ansar Lempe

TRIBUN TIMUR.COM, MAROS - DPC Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Maros menyatakan, Sulsel darurat Narkoba dan penyalahgunaan obat lainnya.

Ketua DPC Granat Maros, Muh Bakri mengatakan, Minggu (17/9/2017) Sulsel darurat narkoba dan obat terlarang berdasarkan beberapa fakta yang selama ini muncul.

Puluhan kasus pengiriman obat daftar G hingga narkoba digagalkan petugas Avsec di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar dan telah diserahkan ke Satuan Narkoba Polres Maros.

"Kami curiga, Sulsel sudah menjadi pemasok atau produsen obat Daftar G di Indonesia. Pengiriman sudah sampai di Jawa. Biasanya, Jawa mengirim ke Makassar," katanya.

Pengiriman paket obat melalui jalur bandara juga semakin meningkat. Untuk tahun 2017 ini, sudah lebih dari 20 paket kiriman dengan puluhan ribu obat biji obat dari berbagai jenis dari daftar G berhasil digagalkan.

"Selain itu, jumlah pengguna kasus penyalahgunaan obat daftar G dan bahan lain juga meningkat. Bahkan, jumlah kasusnya lebih banyak dibanding kasus Narkoba," katanya.

Selama ini, penanganan kasus untuk penyalahgunaan obat memang hanya mengacu pada Undang-undang kesehatan. Pasalnya, obat itu belum termasuk kategori Narkotika dan Psikotropika.

Hal ini membuat, pengedar dan pemakai sangat mudah untuk lolos dari jeratan hukum.

Jumat pekan lalu, Satuan Narkoba mengamankan paket yang berisi 200 papan Daftar G dan empat botol obat yang belum diketahui jenisnya, akan dikirim melalui JNE.

Berdasarkan dokumen, paket tersebut dikirim oleh seorang warga Kota Makassar dan ditujukan ke Sumedang Utara.

Selain itu, Minggu (10/9/2017), Satuan Narkoba Polres Maros juga pernah mengamankan, 130 papan obat daftar G jenis Somadril di Bandara Sultan Hasanuddin tujuan Jayapura.

Polisi juga mengamankan Somadril sebanyak 20 bungkus dan 25 botol berisi 500 biji jenis pilkoplo tujuan Timika dari Palopo.

Penulis: Ansar
Editor: Ardy Muchlis
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help