TribunTimur/

Ichsan YL Harap UNHCR Bekali Pengungsi Negara Konflik dengan Keterampilan Kerja

Ia mengatakan UNHCR mesti melatih mereka menjadi juru masak, pemeliharaan taman atau soal kebersihan.

Ichsan YL Harap UNHCR Bekali Pengungsi Negara Konflik dengan Keterampilan Kerja
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Ratusan pengungsi dari suku Rohingya, Myanmar yang berdiam di Makassar berunjuk rasa di depan kantor International Organization for Migration (IOM) dan United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) gedung Menara Bosowa, Makassar, Rabu (26/7/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Hasim Arfah

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-Ichsan Yasin Limpo, ketua PMI Sulsel, mengungkapkan para pengungsi mesti ditangani untuk kepentingan berkepanjangan.

Salah satu caranya, memberikan pembekalan khusus kepada mereka, agar punya keterampilan yang dibutuhkan negara tujuan.

Hal ini dia sampaikan menerima perwakilan Lembaga kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) di Kantor PMI Sulsel.

Ia mengatakan UNHCR mesti melatih mereka menjadi juru masak, pemeliharaan taman atau soal kebersihan.

Sebab di negara-negara maju, biaya pembantu rumah tangga sangat mahal. Sehingga jika ada pengungsi punya keahlian tersebut, warga setempat pasti membutuhkannya.

"Para pengungsi itu juga harus diberikan pembekalan atau pelatihan menjadi pendamping lansia dan perawat. Karena di negara-negara maju, mereka berpikir mengambil pendamping lansia atau perawat dengan alasan sangat mahal.

Nah, ketika ada pengungsi punya kemampuan seperti ini, saya yakin penduduk di negara tersebut akan menggunakan jasanya. Apalagi jauh lebih murah gajinya," ujar IYL, Kamis (14/9/2017).

Hanya saja, untuk pembekalan seperti ini mesti dilatih secara serius oleh pihak yang punya keahlian khusus di bidang tersebut.

Sebab, pendampingan lansia punya cara tersendiri. Begitu pula dengan perawat mesti paham tentang kesehatan.

Halaman
12
Penulis: Muh. Hasim Arfah
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help